URGENSITAS DAKWAH MELALUI MAJLIS TA’LIM

Hamdi Yusliani

Abstract


Manusia merupakan makhluk Allah swt yang sangat unik serta memiliki peran yang bersifat multidimensional, hal ini sesuai dengan fitrah penciptaannya yang terdiri dari sruktur jasmaniah yang kokoh dan lengkap, serta diberikan juga kepadanya kesempurnaan rohaniah (jiwa dan akal). Dengan kesempurnaan inilah, manusia dituntut untuk terus bisa mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dalam menjalani proses kehidupannya, yang tujuan intinya adalah untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Salah satu cara yang dapat ditempuh dalam mewujudkan hal tersebut adalah dengan dakwah, yaitu aktivitas saling mengingatkan dalam kebenaran dan kebaikan. Adapun salah satu media dakwah yang berkembang saat ini adalah lembaga majlis ta’lim. Pada umumnya majlis ta’lim merupakan lembaga swadaya masyarakat murni. Ia dilahirkan, dikelola, dipelihara, dikembangkan dan didukung oleh anggotanya. Oleh karena itu, majlis ta’lim menjadi wadah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

References


Abdul Aziz bin Fathi as-Sayyid Nada, Ensiklopedi Etika Islam; Begini Semestinya Muslim Berprilaku, Terj. Muhammad Isnaini, et.al, (Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2005)

Jum’ah Amin Abdul Aziz, Fiqih Dakwah;Studi atas Berbagai Prinsip dan Kaidah yang Harus Dijadikan Acuan dalam Dakwah Islamiyah, (Surakata: Era Intermedia, 2000)

M. Jakfar Puteh, Dakwah di Era Globalisasi: Strategi Menghadapi Perubahan Sosial, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000)

Tutty Alawiyah AS, Strategi Dakwah di Lingkungan Majelis Taklim, (Bandung: Mizan, 1997)




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v4i1.498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.