KORELASI PRESTASI MAHASISWA DALAM MATA KULIAH MICROTEACHING DENGAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) FKIP UNSYIAH

Sanusi -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi mahasiswa dalam mata kuliah Microteaching dan prestasi rata-rata mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan mengkorelasikan antara nilai mata kuliah Microteaching dengan mata kuliah PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Unsyiah.  Metode penelitian ini yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk korelasional antara mata kuliah Microteaching dengan mata kuliah PPL.  Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Unsyiah angkatan 2004, 2005, dan 2006 yang telah mengambil mata kuliah Microteaching dan mata kuliah PPL, yang berjumlah 131 orang mahasiswa. Jadi, sampel dalam penelitian ini diambil 45.8% dari total populasi yaitu 60 orang mahasiswa. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi dan dokumentasi dan untuk mengolah data digunakan teknik korelasi product moment. Untuk menguji hipotesis digunakan tes statistik uji–t. Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya koefisien korelasi antara variabel independen prestasi mata kuliah Microteaching (x) terhadap variabel dependen prestasi mata kuliah PPL (y) sangat kuat, ini terbukti dari R=0.94 dan R2=0.88.  Sedangkan untuk mengetahui koefisien regresi dengan menggunakan regresi untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji–t.  Jika nilai thitung > ttabel dengan tingkat signifikansi sebesar α = 5%, maka hipotesis diterima. Nilai thitung sebesar 20.46 sedangkan ttabel 2.00 dengan tingkat signifikansi α = 5%, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima dan dapat diuji coba pada mata kuliah yang lain dengan populasi yang lain.

 

Kata Kunci:    prestasi, microteaching, praktik pengalaman lapangan


References


Anonimous. 2009. “Rencana Strategis Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan 2010-2014.†Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

--------------. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Djaramah, Syaipul Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

--------------. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Muhibbinsyah, 2002. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Purnomo. 2010. “Hubungan Prestasi Belajar Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar dan Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran dengan Mata Kuliah Pengajaran Mikro.†Banda Aceh: FKIP UNSYIAH.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Tamita Utama

Sardiman, A.M. 2001, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudiyono. 2004. Manajemen Perguruan Tinggi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2007. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Pengajaran Mikro. 2009. Pengajaran Mikro. Banda Aceh: Micro Teaching Laboratory.

Winkel. W.S. 1990, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.