MURABAHAH DALAM EKONOMI ISLAM

Muzakir Sulaiman

Abstract


Dasar ekonomi yang dibangun oleh Islam adalah untuk mencapai Ridha Allah SWT, bukan keuntungan semata, sebagaimana yang dipraktekan kalangan luar Islam khusunya dalam perbankan. Dengan dasar ini apapun bentuk ekonomi yang dilaksanakan tidak menjadi masalah, namun harus dalam koridor tidak terjadi kezaliman di dalamya. Para ulama membolehkan kredit dan penggunaan kartu kredit selama tidak terjadi bunga (nilai tambah) dari aqad, namun sulit dihindari oleh bank-bank konvensional. Sementara bank-bank Islam mengaturnya sangat ketat, sehingga  tidak ada bunga atau nilai tambah.  Kredit dalam Islam tidak haram dan penggunaan kartu kredit juga tidak haram, karena di dalamnya ada unsur Murabahah atau unsur bagi hasil.

References


Abdullah Saed, Bank Islam dan Bunga, Studi kritis dan Intepretasi Kontemporer tentang Riba dan Bunga, terj. Muhammad Uquful Mubin, Nurul Huda dan Ahmad Sahilah, cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Dahlan Siamat, Manajemen Lembaga Keuangan, Fakultas Ekonomi Indonesia, Jakarta: 1999.

Desky, M.A Manajemen perjalanan Wisata, cet.1, Yogyakarta: Adi Cipta Karya, 2000.

Elyn. G. Massasya, Cara Cerdas Memutar Uang, cet. 4, Jakarta: Gramedia Jakarta, 2003.

Hendio Suhendi, Figh Muamalah, Membahas Ekonomi Islam, cet. 1, Jakarta: Raja Gravindo Persada, 2002..

Hamzah Ya’qub, Fiqih Muamalat, Kode Etik Dagang menurut Islam, pola pembinaan hidup dalam Berekonomi, cet. 2, Bandung: Diponogoro, 1992.

Husein Syatahah, Ekonomi Rumah Tangga Islam, terj. Dudung rahmat Hidayat dan Idhoh Anas, cet.1, Jakarta: Gema Insani Press, 1998.

Muhammad Yasir Yusuf, Lembaga Perekonomian Umat, Bank Syari'ah dan Lembaga Keuangan Syari'ah Lainnya, cet.1, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2004.

Murasa Sarkani Putra, Relevation –Based Meassurement:Pendekatan keerpaduan antara Mantik Rasa dan Mantik Akal dari Ibnu Sina, Edisi Revisi, cet. 2, Jakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2004.

…….., Murasa Sarkaniputra, Adil dan Ihsan dal;am Persfektif Ekonomi Islam, Implementasi Mantik Rasa dalam Model Kafigurasi Tehnologi al-Ghazali-As Syatibi-Leontif-Sraffa, cet. 1, Jakarta: Pusat Kajian dan Pengembangan Ekonomi Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2004.

M. Quraish Shihab, Wawasan al-Qur’ān, cet. 7, Bandung: Mizan,1998.

Rustam Effendi, Produksi Dalam Islam, cet. 1, Yogyakarta: Magistra Insani Press dan Magister Studi Universitas Islam Imdonesia, 2003.

Soejono Dirdjosiswono dan Johannes Ibrahim, Kartu kredit-Dilematis Antar Kontrak dan Kejahatan, cet.1, Bandung: Refika Aditama, 2004.

Sunarto Zulkifli, Panduan Praktis Transaksi Perbankan Syrai'h, cet. 3, Jakarta: Zikrul Hakim, 2003.

Yusuf Qardahwi, Fatwa-fatwa Kontemporer, terj. Abdul Hayyie al-kattani, dkk, jilid. 3, cet. 1, Jakarta: Gema Insani Press, 2002.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i2.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.