KOMPETENSI GURU FIQIH DI MIN SUNGAI LIMPAH ACEH BESAR

Cut Nyak Dhin

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang kompetensi guru fiqh di MIN Sungai Limpah Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar dalam hal pelaksanaan Proses Pembelajaran. Pembahasan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah guru-guru Fiqh di MIN Sungai Limpah telah mengetahui kompetensi guru dengan baik serta untuk mengetahui sejauh mana penguasaan terhadap kompetensi yang telah dimiliki oleh Guru Fiqh di MIN Sungai Limpah. Kompetensi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal proses belajar mengajar, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur proses belajar mengajar, serta mampu melaksanakan dengan baik sehingga didapat hasil yang maksimal dan bermanfaat untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Pelaksanaan proses tersebut dimulai dari perencanaan proses pembelajaran, pembuatan/penyusunan soal tes,menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan menindak lanjuti hasil evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan ini (library research). Dan setelah dilakukan penelitian di MIN Sungai Limpah memiliki kompetensi yang tinggi dan sedang dalam pelaksanaan proses pembelajaran.


References


Azizi Qodry, Pendidikan Agama untuk Membangun Etika Sosial, Semarang, Aneka Ilmu, 2002

Hadi, Amirul dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung, 2005

Iskandar, Metodologi Penelitian pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Gaung Persada Pres, Jakarta, 2008

Kunandar, Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2007

Moch. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2005

Usman, Basyarudin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Ciputat Press Jakarta, 2002

Zakiah Darajat, Psikoterapi Islami, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta, 2002s




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i2.456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.