MERETAS PENDIDIKAN DALAM DUNIA KERJA

Hamdi Yusliani

Abstract


Mengenyam pendidikan sesuai dengan spesifikasi adalah impian setiap orang. Semua orang bercita-cita bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dengan latar belakang pendidikannya itu. Namun timbul satu persepsi yang sangat lemah dari para lulusan dimana mereka hanya berpikir bisa bekerja pada orang lain kelak setelah lulus dari studinya. Hal ini menjadi titik awal terhadap lemahnya pola pikir para lulusan dalam menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Setiap kali pemerintah membuka pendaftaran calon Pegawai Negeri Sipil, maka akan ditemukan pendaftarnya begitu banyak. Kendatipun masyarakat dan para lulusan itu sendiri tahu dan sadar bahwa lowongan yang tersedia tidak sesuai dengan ijazah yang mereka miliki, namun hal tersebut bukan menjadi penghalang. Niat dan tujuan awal tidak pernah surut untuk mengadu nasib dalam meraih mimpi dan memperoleh gaji yang serba tetap. Fenomena ini patut direview kembali oleh masyarakat khususnya para pelaku pendidikan. Dimana perlu menciptakan suatu upaya dalam membentuk pola pikir para mahasiswa sejak menempuh jenjang pendidikan tingkat pertamanya. Demikian halnya dengan perguruan-perguruan tinggi yang ada, diharapkan mampu menciptakan sarjana atau diploma yang siap bekerja atau siap menciptakan pekerjaan. Karena itu, mengubah pola pikir masyarakat terhadap lapangan pekerjaan dirasa perlu untuk melahirkan calon-calon wirausahawan sejati.

References


Kneller, G.F. Introduction to The Philosophy of Education, Second ed. (New York: John Wiley & Sons, Inc, 1971).

K. H. Abdullah Gymnastiar, Muslim Prestatif; men-sinergi-kan Keunggulan Harmoni Dzikir-Fikir-Ikhtiar, (Bandung: MQS Pustaka Grafika, 2002)

M. Musrofi, Kunci Sukses Berwirausaha, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2004)

Said Agil Husin al-Munawar, Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2005)

Siswoyo, D. Dkk, Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, (Yogyakarta: UNY Press, 2007)

Syohih, U. (2008). Lingkungan dan Pendidikan Indonesia. [online] tersedia di [http://nerri-unindra-bio2a.blogspot.com/2008/07/nilai-nilai-pendidikan-diindonesia.html,].




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i2.455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.