THE STUDENTS’ ABILITY IN MASTERING LISTENING TEXT (A Study Between the Using of Native Speaker’s and Non-Native Speaker’s Voice of The TOEFL Class Students at NEC Banda Aceh)

Cut Mawar Helmanda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari suara pembicara native (pembicara yang bahasa ibunya adalah Bahasa Inggris) dan non-native daam teks listening yang diberikan kepada siswa-siswa dikelas TOEFL di NAD Education Consultant, Banda Aceh. Tes digunakan sebagai instrumen agar mendapatkan data tentang kemampuan para siswa dalam menguasai teks listening yang dipengaruhi oleh suara native dan non-native. Sampel dari peneltian ini adalah 10 orang siswa tahun ajaran 2013-2014. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil dari tes yang diberikan kepada para siswa jika teks dari tes tersebut dibacakan oleh native (Amerika). Dengan kata lain, para siswa mudah untuk mengerti atau memahami tes jika teks dari tes tersebut dibacakan oleh orang Indonesia (non-native). Dapat disimpulkan bahwa para siswa lebih dekat dengan suara orang non-native. Hasil dari angket juga mempekuat kesimpulan ini, para siswa lebih mudah untuk memahami non-native (Indonesia) dari pada native. Siswa-siswa ini terbiasa mendengarkan aksen dan suara orang Indonesia. Mereka menghadapi beberapa masalah dalam memahami teks listening yang menggunakan suara native, yaitu: sulit untuk mengikuti aksen natural dan kecepatan kata yang dibaca dari native. Dari hasil ini disarankan agar para siswa dilatih untuk mendengar suara native, baik Amerika atau Inggris. Ini akan membantu mereka untuk memahami percakapan diantara para native.


References


References

Diana. The English Proficiency on Vocabulary Achievement of Elementary School Pupils: A Case Study of Methodist Banda Aceh. Banda Aceh: Unpublished Thesis, Unsyiah, 2003

European Union. Many Tongues, One Family: Language in The European Union, Luxembourg: Directorate-General for Press and Communication, 2004.

Moody. H. L. B, Varieties of English: Practice in Advanced Uses of English, England: Longman Group Ltd, 1983.

Nunan, David. Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle & Heinle Publishers, 1999.

Oxford Learner’s Pocket Dictionary, New Edition, Oxford University Press, 1995.

Rixon, Shelagh, Developing Listening Skill. London: Macmillan Publishers Ltd, 1986

Ur, Penny, Teaching Listening Comprehension, Cambridge: Cambridge University Press, 1993.

Ur, Penny, A Course In Language Teaching-Practice Theory. UK: Cambridge University Press, 1996.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i2.453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.