KEANEKARAGAMAN LUMUT (BRYOPHYTA) DI KAWASAN WISATA ACEH BESAR SEBAGAI PENUNJANG PRAKTIKUM BOTANI TUMBUHAN RENDAH

Fatemah Rosma

Abstract


Penelitian tentang Keanekaragaman Jenis Lumut (Bryophyta) di Kawasan Wisata Aceh Besar tepatnya di pegunungan Mata Ie dan Taman Rusa Sibreh bertujuan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman lumut (bryophyta) yang terdapat di kawasan wisata Aceh Besar. Penelitian dilakukan selama 15 hari dimulai pada tanggal 30 Maret sampai dengan 15 April 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode luas minimum area. Analisis data tingkat keanekaragaman Bryophyta dengan menggunakan indeks keanekaragaman dari rumus Shannon-wiener. Hasil penelitian di pegunungan Mata Ie diperoleh 7 spesies Bryophyta yang tergolong kedalam 6 familia yaitu, Dichodontium pellucidum, Dichodontium Palustre, Dicranella heterolla, Sphagnum cupsidatum, Marchantiae polimorpha, Taxyphillum sp, dan Funaria hygrometrica. Dengan Nilai Indeks Keanekaragaman Bryophyta H’= 1,82. Sedangkan di kawasan wisata Taman Rusa Sibreh diperoleh 3 spesies Bryophyta yang tergolong dalam 2 familia yaitu Dichodontium pellucidum, Dichodontium palustre dan Taxyphillum Sp. Dengan Nilai Indeks Keanekaragaman Bryophyta H’= 0,92. Simpulan dari hasil penelitian adalah keanekaragaman Bryophyta di kawasan wisata Aceh Besar adalah sedang, dan dapat dijadikan dalam buku saku sebagai penunjang praktikum Botani Tumbuhan Rendah.


References


DAFTAR PUSTAKA

Ance Gunarsih Kartasapoetra, Klimatolog: Pengaruh Iklim Terhadap Tanah dan Tanaman, (Jakarta : Bumi Aksara, 2006), Hal. 62.

Birsyam. Inge L, Botani Tumbuhan Rendah, (Bandung: ITB, 1992).

Campbell, Biologi Jilid 3, (Jakarta: Erlangga, 2003).

Heddy, Sk. Metty, Prinsi-prinsip Dasar Ekologi, (Jakarta: Grafindo Pesada, 2000), Hal. 23.

Idun Kistinnah. Endang Sri Lestari. Biologi Makhluk Hidup dan Lingkungannya, (Surakarta : CV Putra Nurgaha, 2006), Hal. 195.

Pringgoseputro S, Ekologi Umum, (Yogyakarta: UGM Press, 1998).




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i1.445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.