Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching di SMPIT Al-Fityan School Aceh

Muhammad Yani

Abstract


Model pembelajaran Quantum Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu mengkodisikan siswa belajar aktif dengan langkah-langkah TANDUR di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Quantum Teaching lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, ditinjau dari:  (a) keseluruhan siswa, dan (b) level kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (Pretest-Posttest Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Al-Fityan School Aceh dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian dianalisis dengan rataan gain ternormalisasi antara kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching secara singnifikansi lebih baik dari pada kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional apabila ditinjau dari keseluruhan maupun berdasarkan level (tinggi, sedang, rendah) kemampuan siswa.

References


De Porter, dkk. (2010). Quantum Teaching (Mempraktikakan Quantum Teaching di Ruang-Ruang Kelas ). Bandung: Kaifa.

Harian Kompas, ( 14 Desember 2012). Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun.

_______, ( 5 Desember 2013). Skor PISA: Posisi Indonesia Nyaris Jadi Juru Kunci.

Hudojo, H. (1998). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Logina, R. dkk. (2012). Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 83-87.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yosefa, B dan Nurjanah, E. (2003). Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Menggunakan Mind Mapping terhadap Kemampuan Penalaran Matematis pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pengajaran MIPA, 18 (2), 146-151.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i1.438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.