ANALISIS PENALARAN ALJABAR YANG BERFOKUS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI BANDA ACEH

Nailul Authari

Abstract


Kemampuan aljabar siswa di sekolah menengah pertama tidak hanya berfokus pada kemampuan siswa melakukan operasi aljabar. Sangat penting diperhatikan pemahaman konseptual siswa mengenai proses penalaran aljabar. Salah satu topik kajian dari penalaran aljabar adalah proses generalisasi dari aritmetika yang biasanya menggunakan huruf sebagai variabel, membuat model matematika dan penggunaan tanda sama dengan sebagai indikator dari relasi. Hasil yang diperoleh berasal dari jawaban soal pemecahan masalah dan wawancara.


References


Galvin, W., & Bell A. W,. (2005). Aspects of difficulties in the Solution of Problem involving the formulation of equations. Nottingham, England

Kaput, J,. Blanton, M. 2005. Algebrafyng the Elementary Mathematics Experience in a Teacher-Centered, Systemic Way. Dalam T. Rombert & T. Carpenter. Understanding Mathematics and Science Matters. (pp. 99-125), Mahwah, NJ: Lawrence Elbaum Associates.

Kieren, C. 1992. The Learning and Teaching of School Algebra. Dalam D.A. Grouws. Handbook of Research on mathematics Teaching and Learning. (pp-390-419). New York: McMillan

Ontario Ministry Resources. 2013. Paying Attention to Algebraic Reasoning K-12. Toronto, ON: Queen’s Printer for Ontario.

Magiera, Marta., 2012. K-8 Preservice Teacher’ Inductive Reasoning in The Problem-Solving Contexts. Canada: Marquette University

Victoria,R., et.all. 2007. Professional Development Focused on Children’s Algebraic Reasoning in Elementary School, Journal of Reasearch in Mathematics Education, Vol.38, No.3, 258-288.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i1.436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.