PENINGKATAN MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI MAN MODEL BANDA ACEH

Restu Andrian

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penggunaaan model STAD dapat membantu dan meningkatkan minat dan aktifitas siswa dalam belajar SKI di MAN Model Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu penelitian yang bersifat refleksi dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu. Peneltian tindakan kelas ini terdapat dua siklus yaitu siklus I sebanyak satu kali pertemuan dan siklus II sebanyak satu kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas X Iis yang terdiri dari 36 orang siswa. Berdasarkan analisis data yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model STAD siswa dapat meningkatkan aktifitas dan minat nya dalam kelas, disaat proses pembelajaran berlangsung sebagian besar siswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dengan kategori sangat tinggi/sangat baik/sangat aktif/dan lain sebagainya, sehingga model STAD dapat meningkatkan minat dan aktifitas belajar siswa.


References


Al-Quraibi, Ibrahim. (2009). Tarikh Khulafa’, terj. Faris Khairul Anam, Jakarta: Qisthi Press.

Arikunto, suharsimi, (2009) Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Jakarta : Bima Aksara.

Nata, Abuddin. (2008). Metodologi Studi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Eva, Tipe Stad Berbasis Multimedia, Pelangi, Edisi. XVI, Juni 2014.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Sabri, M. Alisuf. (1996). Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.

Supardi, dkk. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika, Jurnal Formatif. Vol. 2 No. 1

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Zuhairini. (2014). Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v2i2.421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.