STRATEGI PENGEMBANGAN PERGURUAN TINGGI ISLAM (PTI) DI ERA GLOBAL

Saidi Sulaiman

Abstract


Perguruan tinggi Islam sebagai salah satu penyelenggara pendidikan di Indonesia menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi. Era globalisasi bisa menjelma sebagai peluang, dan sekaligus menjadi ancaman bagi pendidikan Islam. Beberapa tantangan yang dapat diidentifikasi dalam penelitian ini di antaranya; masalah liberalisasi pendidikan, peningkatan kualitas kelembagaan, dan lemahnya sumber daya manusia (SDM).


References


Abuddin Nata, “Kontribusi Perguruan Tinggi Islam dalam Membangun Mentalitas Generasi Muda”, Makalah, Disampaikan pada Acara Pengajian Masyarakat Intelektual yang Diselenggarakan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, DPN KORPRI, Pengurus Pusat Fokkus Babinrohis bersama Badan Pelaksana Pengelola Mesjid Istiqlal (BPPMI) pada hari Jum’at, 27 Juni 2014 Pkl. 07.00-09.00 bertempat di Aula Utama Mesjid Istiqlal Jakarta Pusat.

Azyumardi Azra, Indonesia, Islam and Democracy, Dynamics in a Global Context, (Jakarta:Singapore, The Asia Foundation Solstice, 2006), First Edition.

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta:Logos Wacana Ilmu, 1999), cet. I.

Daniel Sparingga, Demokrasi: Visi Alternatif dan Pilihan Strategis, dalam St. Sularto (ed.), Visi dan Agenda Reformasi Menuju Masyarakat Indonesia Baru, (Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1999).

Fuad Jabali, dan Jamhari, IAIN & Modernisasi di Indonesia, (Jakarta:UIN Jakarta Press, 1424 H./2003), cet. I; Mansur, Amril, Paradigma Baru Reformulasi Pendidikan Tinggi Islam, (Jakarta:UI Press, 2008), cet. I.

Haidar Daulay, IAIN Di Era Globalisasi : Peluang dan Tantangan dari Sudut Pendidkan Islam Hanun Asrahah. Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta : Logos 1999).

Nata, “Kontribusi Perguruan Tinggi Islam dalam Membangun Mentalitas Generasi Muda”, Makalah.

Nur Hamim, 1999. “PTI dalam Menyongsong Milenium Ketiga: Suatu Refleksi Menuju PTI yang Marketable”, dalam “Nizamia”, Vol. 2, No. 3, 1999.

Nur Kholis, “Mencari Alternatif Formulasi Pengembangan Sistem Pendidikan Revolusioner di Era Millenium III, dalam “Nizamia”, Vol. 3, No 6, 2000.

Samuel P. Huntington, The Third Wave: Democratization in the Late Twentieth Century, (Norman: University of California Press, 1991).

Umar A, Jenie, “Makna Filosofis dan Prospek Pengembangan Penelitian Inter/Trand-Disiplin,” Makalah, disampaikan pada Kuliah Tamu di UIN Malang, Malang 1 April, 2004.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tengang Pendidikan Tinggi, (Jakarta:Kemendikbud, 2013), cet. I.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), UU RI No. 20 Tahun 2003 dan Penjelasannya, (Tangerang:Karisma SL Media, 2011), cet. I.

Yuhara Sukra, Pandangan Mengenai Kebijaksanaan Pemerintah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia. “Makalah” pada Seminar Nasional Membangun Daya Saing Bangsa di Universitas Merdeka Malang 11-12 Nopember 1996.

Yuhara Sukra, Pandangan Mengenai Kebijaksanaan Pemerintah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia. “Makalah” pada Seminar Nasional Membangun Daya Saing Bangsa di Universitas Merdeka Malang 11-12 Nopember 1996.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v1i1.377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.