ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Yulistina Nur DS, Harmawati Harmawati, Ajeng Carolina Samrodi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jumlah subjek 20 siswa. Teknik yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mengolah data, dan mendeskripsikan hasil kemampuan literasi sains siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 menunjukkan kemampuan kategori kurang. Diperlukan upaya dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa diantaranya adalah adanya kerja sama antara guru dan orang tua dalam mengawasi serta memfasilitasi pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan lebih efektif.


Keywords


Kemampuan Literasi Sains, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Arohman, M., Saefudin, & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains pada Pembelajaran Ekosistem. Jurnal FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia ISSN : 2528-5742, 13(1), 9092.

Kamza, M., Husaini, & Ayu, I. L. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 41204126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

Lederman, N. G., Lederman, J. S., & Antink, A. (2013). International Journal of Education in Mathematics , Science and Technology ( IJEMST ) Nature of Science and Scientific Inquiry as Contexts for the Learning of Science and Achievement of Scientific Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 1(3), 138147. www.ijemst.com

Naila, I., & Khasna, F. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Literasi Sains Calon Guru Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pendahuluan. Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil, 7(1), 4247. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/12177

Okada, A. (2013). Environments and resources for co-Inquiry. European Scientific Journal, 4, 263274.

Pujiati, A., & Retariandalas, R. (2020). Analisis Literasi Sains dan Self Awareness pada Pembelajaran Kimia Secara Online di Masa Pandemi Covid-19. Diskusi Panel Nasional , 97104. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4747

Purwanto, N. (2001). Prinsip-prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Susilawati, N., Ruliani., & Rosemary, R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp sebagai Media Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid 19. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(1), 1-17

Wibowo, A. (2021). Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Kasus Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 515519. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1107

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 2128. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i2,%20Oktober.1099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.