ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jumlah subjek 20 siswa. Teknik yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mengolah data, dan mendeskripsikan hasil kemampuan literasi sains siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 menunjukkan kemampuan kategori kurang. Diperlukan upaya dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa diantaranya adalah adanya kerja sama antara guru dan orang tua dalam mengawasi serta memfasilitasi pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan lebih efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arohman, M., Saefudin, & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains pada Pembelajaran Ekosistem. Jurnal FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia ISSN : 2528-5742, 13(1), 9092.
Kamza, M., Husaini, & Ayu, I. L. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 41204126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347
Lederman, N. G., Lederman, J. S., & Antink, A. (2013). International Journal of Education in Mathematics , Science and Technology ( IJEMST ) Nature of Science and Scientific Inquiry as Contexts for the Learning of Science and Achievement of Scientific Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 1(3), 138147. www.ijemst.com
Naila, I., & Khasna, F. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Literasi Sains Calon Guru Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pendahuluan. Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil, 7(1), 4247. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/12177
Okada, A. (2013). Environments and resources for co-Inquiry. European Scientific Journal, 4, 263274.
Pujiati, A., & Retariandalas, R. (2020). Analisis Literasi Sains dan Self Awareness pada Pembelajaran Kimia Secara Online di Masa Pandemi Covid-19. Diskusi Panel Nasional , 97104. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4747
Purwanto, N. (2001). Prinsip-prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Susilawati, N., Ruliani., & Rosemary, R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp sebagai Media Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid 19. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(1), 1-17
Wibowo, A. (2021). Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Kasus Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 515519. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1107
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 2128. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i2,%20Oktober.1099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.