Analisis Pengaruh Destination Atmosphere, Tourist Experiences, Destination Image, dan Destination Familiarity terhadap Revisit Intention pada Pengunjung Wisata Pantai Manggar Segarasari di Balikpapan

Piar Christie Stephanie, Mohammad Kiswanto, Zuhriah Zuhriah, Majidah Ayu Puspita Sari, Ayu Kusmaningsih, Restu Pratama Warsandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat kunjungan ulang (revisit intention) wisatawan di Pantai Manggar Segarasari, Balikpapan. Variabel yang diuji adalah Destination Atmosphere, Tourist Experiences, Destination Image, dan Destination Familiarity, serta bagaimana variabel-variabel ini mempengaruhi niat kunjungan ulang melalui Satisfaction dan Attitude. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode path analysis yang didukung perangkat lunak IBM SPSS dan AMOS, penelitian ini mengumpulkan data dari 156 responden dengan teknik skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kepuasan dan sikap memiliki pengaruh mediasi yang signifikan. Implikasi temuan ini bagi pengelola destinasi adalah penguatan aspek pengalaman dan atmosfer untuk meningkatkan loyalitas wisatawan.

Kata Kunci: Destination Atmosphere, Destination Image, Tourist Experiences, Destination Familiarity Revisit Intention


Full Text:

PDF

References


Bianchi, C., Milberg, & Cúneo, S. A. (2017). Understanding travelers intentions to visit a short versus long-haul emerging vacation destination: The case of Chile. Tourism Management, 59, 312-324.

Budi, M. A. S. (2025). Peranan repurchase intention dalam memediasi pengaruh customer experience dan trust: Perspektif loyalitas konsumen pada e-market place. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 4(1), 288 – 298.

Budi, M. A. S., Andi, M., & Maulana, M. T., (2025). Marketing technology and literacy as key drivers of SME market penetration in the digital era. Journal of Innovation in Business and Economics, 9(2), 165-174.

Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (2021, Juli 10). Data Jumlah Wisatawan Provinsi Kaltim:https://Data.Kaltimprov.Go.Id/Dataset/Data-Jumlah-Wisatawan-Provinsi- Kaltim-Tahun-2016-2020

Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur. (2021). Pantai Manggar Segarasari. Dipetik Oktober 06, 2021, Dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur: Https://Dispar.Kaltimprov.Go.Id/Portfolio/Pantai-Manggarsegarasari/

Giao, H. N., Ngan, N. T., Phuc, N. P., Tuan, H. Q., Hong, H. K., Anh, H. D., (2020). How destination image factors affect domestic tourists revisit intention to Ba Ria-Vung Tau Province, Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics And Business, 7(6), 209-220.

Hastina, M., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Determinan self-efficacy wirausaha terhadap intensi wirausaha di Kota Banda Aceh. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 5(1), 303 – 319.

Khasanah, A. T., Oktafiani, H., Putri, S. A., Anggraini, W., & Suhud, U. (2020). Pengaruh customer experience, place attachment, customer satisfaction, dan word-of-mouth terhadap revisit intention konsumen restoran ayam cepat saji asal Amerika. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan , 1 (2).

Kotler, P. (1973–1974). Atmospherics as a marketing tool. Journal of Retailing, 49, 48–64.

Maulana, M. T., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Peranan kualitas layanan dan harga dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Salingka Nagari, 4(1), 118 – 127.

Milman, A., Pizam, &., & A. (1995). The role of awareness and familiarity with a destination: the central florida case. Journal of Travel Research , 33(3), 21-27.

Munhurrun, P. R., Seebaluck, V. N., & Naidoo, P. (2015). Examining the structural relationships of destination image,perceived value, tourist satisfaction and loyalty: case of mauritius. International Conference on Strategic Innovative Marketing, IC-SIM 2014, 252-259.

Ulfi, S. Z., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Anteseden loyalitas konsumen pada bisnis ritel di Kota Banda Aceh. Journal of Innovative & Creativity, 5(2), 5763-5777.

Yang, J., Yuan, B., Hu, &., & P. (2009). Tourism destination image and revisit inetntion: examining the role of familiy. Journal of China Tourism Research, 5 (2), 174-187.




DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v4i2.2556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.