Strategi Food and Beverage Department dalam Melakukan Inovasi Produk Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Daya Saing Industri pada Plum Hotel Lading Banda Aceh

Nurul Fadhillah, Marlina Marlina

Abstract


Industri perhotelan dan pariwisata telah berkembang secara signifikan, membentuk cara manusia berinteraksi dengan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan inovasi yang diterapkan oleh Departemen Food & Beverage (F&B) di Plum Hotel Lading Banda Aceh dalam mengolah produk makanan dan minuman untuk meningkatkan daya saing kuliner. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini berfokus pada identifikasi strategi inovasi produk serta tantangan operasional yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hotel ini menerapkan tema masakan rumahan sebagai strategi utamanya, karena jenis masakan tersebut lebih dikenal dan disukai oleh tamu lokal. Namun, terdapat kendala berupa keterbatasan peralatan makan dan sumber daya manusia, terutama dalam mengelola acara berskala besar. Hotel juga menerapkan strategi pemasaran terpadu dengan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk serta mengadakan briefing staf mingguan guna mengevaluasi kinerja dan memperkuat kerja sama tim. Secara keseluruhan, strategi kuliner berbasis masakan rumahan ini meningkatkan kepuasan dan loyalitas tamu, meskipun masih diperlukan perbaikan operasional lebih lanjut.

Kata Kunci: Strategi, Food & Beverage Department, inovasi, daya saing


Full Text:

PDF

References


Arifai. I., & Iswahyudi, M. S. (2023 : 58-59). Buku Ajar Manajemen Strategi. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Adelia, D., & Indriani, P. (2018). Mekanisme kerja waiter dan waitress pada departemen food and beverage service dalam kaitan peningkatan kualitas pelayanan di opi indah hotel. Prosiding Semhavok, 1(1), 108-112.

Budi, M. A. S., Andi, M., & Maulana, M. T., (2025). Marketing technology and literacy as key drivers of SME market penetration in the digital era. Journal of Innovation in Business and Economics, 9(2), 165-174.

BHTM, A. P., & Hertin, R. D. (2024 : 1-2). Food and Beverage Management. Jawa Timur: Penerbit NEM.

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.

Gustaman, R. F., & Darmawan, A. W. (2024 : 5-6). Metodologi Penelitian Kualitatif. Madiun: CV. Bayfa Cendikia Indonesia.

Ihyana. H., & Prianka, W. G. (2024 : 1-2). Manajemen Perhotelan dan Pariwisata. Bali: INFES MEDIA.

Hary Hermawan, dkk. (2018 :112-113). Manajemen Pengantar Hospitality. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Hastina, M., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Determinan self-efficacy wirausaha terhadap intensi wirausaha di Kota Banda Aceh. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 5(1), 303 – 319.

Lumempow, K. R., Worang, F. G., & Gunawan, E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swiss Belhotel Maleosan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 1-11.

Maulana, M. T., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Peranan kualitas layanan dan harga dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Salingka Nagari, 4(1), 118 – 127.

Muhammad, Z. (2020 : 35-36, july 19). BAB III METODE PENELITIAN Retrieved from Repository STEI: http://repository.stei.ac.id/1460/4/BAB%203.pdf

Riza. A., & Tambunan, S. M. (2024 : 1). Manajemen Pariwisata dan Perhotelan. Deli Serdang: CV. Cattleya Darmaya Fortuna.

Syahrul, M. K. (2022 : 61). Pengantar Bisnis Hospitaliti. Jawa Barat: Widina Bhakti Persada Bandung.

Sunarjo, W. A. (2024 : 8). Buku Ajar Manajemen Inovasi. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Sedyastuti, K. (2018 :121). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 121.

Ulfi, S. Z., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Anteseden loyalitas konsumen pada bisnis ritel di Kota Banda Aceh. Journal of Innovative & Creativity, 5(2), 5763-5777.




DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v4i2.2554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.