Analisis Penetapan Harga Kamar terhadap Tingkat Penjualan Kamar di Hermes Palace Hotel Banda Aceh

Cut Raihan Fadhillah, Maya Agustina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga kamar terhadap tingkat persentase penjualan setiap kamar di Hermes Palace Hotel Banda Aceh. Adapun dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantiatif. Dengan menggunakan data penjualan kamar dari 12 Februari sampai 12 Mei 2025 dengan cara melakukan observasi dan wawancara. Hasil wawancara jawaban dari informan yaitu karyawan Front Office menyatakan bahwa kamar yang paling banyak terjual adalah kamar dengan tipe deluxe. Hasil dalam penelitian ini adalah harga memiliki pengaruh yang sangat berdampak kepada perusahaan, setiap tamu yang akan menginap di Hermes Palace Hotel Banda Aceh akan membandingkan harga kamar sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Maka dari itu hotel harus bijak dalam menentukan harga kamar agar sesuai dengan kebutuhan, tipe kamar deluxe menjadi andalan bagi setiap tamu yang datang untuk menginap di Hermes Palace Hotel Banda Aceh. Menjaga kualitas kamar walaupun terkadang kamar sedang dalam kedaan full booking dan mengutamakan kenyamanan tamu yang datang dengan selalu menjaga kebersihan di sekitar hotel.

Kata Kunci: Harga Kamar, Penjualan Kamar, Tujuan Penetapan Harga, Faktor Penetapan Harga


Full Text:

PDF

References


Budi, M. A. S., Andi, M., & Maulana, M. T., (2025). Marketing technology and literacy as key drivers of SME market penetration in the digital era. Journal of Innovation in Business and Economics, 9(2), 165-174.

Creswell. J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harwindito, B., Wulandari, A. R., & Wahyuni, N. (2022). Analisis kebijakan penentuan harga kamar terhadap tingkat hunian di Hotel Dalam Wonosobo. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(2), 234-243

Hastina, M., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Determinan self-efficacy wirausaha terhadap intensi wirausaha di Kota Banda Aceh. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 5(1), 303 – 319.

Kotler, P. (2018). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Edisi 15. Jakarta: PT. Erlangga Group

Maulana, M. T., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Peranan kualitas layanan dan harga dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Salingka Nagari, 4(1), 118 – 127.

Mularsari, A., & Farika, A. (2022). Analisis strategi pengembangan pariwisata di bidang jasa pelayanan Hotel Rooseno Plaza Jakarta Di Masa New Normal Era. Turn Journal, 2(1), 17 – 30.

Nurani, R. L. (2024). Analisis strategi penetapan harga jual room kamar di Hotel Swiss Bellin Karawang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1(2).

Pefriyanti & Wahyuni (2023). Analisis Pendapatan Berdasarkan Sak Etap Pada Pt. Kampong Teripang Kabupaten Bintan” Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang.

Rusmawati, Y. D. J. (2019). Pengaruh harga kamar dan fasilitas hotel terhadap kepuasan konsumen di Shangrila Hotel Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 4(1).

Safnat, P. F. (2022). Analisis Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Periode 2010-2020. Universitas Islam Indonesia Fakultas Bisnis Dan Ekonomika.

Sekaran, U. (2019). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian. Bandung: PT. Alfabet.

_. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: PT. Alfabet.

_. 2024. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Tania, A., & Asmawi (2021). Analisis pengaruh harga kamar terhadap penjualan kamar di Montigo Resorts Nongsa, Batam. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 6(1), 57 – 64.

Ulfi, S. Z., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Anteseden loyalitas konsumen pada bisnis ritel di Kota Banda Aceh. Journal of Innovative & Creativity, 5(2), 5763-5777.




DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v4i2.2533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.