PENGARUH PERSEPSI RISIKO, ULASAN PRODUK, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh)

Fani Sartika

Abstract


Berbelanja online mempunyai kelemahan adanya risiko kejahatan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi risiko, ulasan produk, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primet dalam bentuk kuisioner untuk pengumpulan data, dan data sekunder dalam bentuk studi kepustakaan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh yang tercatat aktif pada semester ganjil tahun ajaran 2021-2022 sejumlah 852 orang. Sampel diambil dengan teknik Slovin sebanyak 90 orang, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Untuk melihat ada tidaknya pengaruh antar variabel bebas dan terikat secara parsial digunakan uji-t. Hasil dari olah data analisis regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh positif antara persepsi akan risiko, ulasan produk, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Hasil dari uji parsial atau uji-t menunjukkan adanya pengaruh dan signifikansi antara persepsi akan risiko terhadap keputusan pembelian secara online, adanya pengaruh dan signifikansi antara ulasan produk terhadap keputusan pembelian secara online, adanya pengaruh dan signifikansi antara kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online. Variabel yang mendominasi keputusan pembelian secara online pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh adalah persepsi akan risiko.

Full Text:

PDF

References


Andromeda, K. (2014). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keragaman Produk Pakaian via Online Terhadap Keputusan Pembelian Secara Onlie. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–16.

Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.

Baskara, I. P., & Hariyadi, G. T. (2012). KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL ( SOCIAL NETWORKING WEBSITES ) ( Studi Pada Mahasiswa di Kota Semarang ). Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro, 2011, 1–15.

Jansaris Jansaris, M. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dalam Membeli Produk Tuppwerware pada Mahasiswa/i STIE PELITA Indonesia. Jurnal Procuratio, 6(4), 485–497.

Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1).

Hermawan, K. (2013). Brand Operation, Jakarta: Erlangga.

Ling, K. C., Chai, L. T., & Piew, T. H. (2010). The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customers’ Online Purchase Intention. International Business Research, 3(3), 63.

Moch. Suhir, Imam Suyadi, R. (2014). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan, dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 1–11.

M Mujiyana, I. E. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Intenet pada Toko Online. Jurnal TI UNDIP, VIII(3), 143–152.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2013). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143–152.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2014). Consumer Behavior, Global Edition: Global Edition. London: Pearson Higher Education.

Sevila, Consuelo. G. (2007). Research Methods, Quezon City: Rex Printing Company.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business : A Skill-Building Approach, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–18.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.