PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 (SMP N 3) KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

Mimiasri Mimiasri, Nasrul Hadi, M. Andi Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pendidikan dan pelatihan berpengaruh secara parsial dan serentak terhadap kinerja guru SMP N 3 Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang bekerja di SMP N 3 Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Sampel penelitian sebanyak 56 orang responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Rumus regresi yang digunakan adalah rumus regresi analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan serentak pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Namun Pelatihan tidak berpengaruh secara parsial, namun berpengaruh secara serentak terhadap kinerja guru. Pengaruh Pendidikan (X1) terhadap variabel Kinerja Guru (Y) secara parsial dinyatakan dengan nilai thitung (3.305) lebih besar dari ttabel (2.00575). Pengaruh Pelatihan (X2) terhadap variabel Kinerja Guru (Y) secara parsial dinyatakan dengan nilai thitung (1.773) lebih kecil dari ttabel (2.00575). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung sebesar 14.012 dengan signifikan 0.000, sedangkan Ftabel pada tingkat kepercayaan (confidence interval) 95% atau ? = 0.05 adalah 3.17. Dengan membandingkan nilai Fhitung dengan Ftabel, maka Fhitung (14.012) lebih besar dari Ftabel (3.17). Oleh karena itu, hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kedua variabel bebas tidak semua mendukung hipotesis.

Full Text:

PDF

References


Alfhan, Rizalil. 2018. Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Akuntansi SMA Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Kendal. Semarang: UNNES

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Azwar S. 2018. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dessler, Gary. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Hamalik, Oemar. 2019. Manajemen Pendidikan. Ketenaga kerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Harahap, Aulia Namirah. 2018. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. Medan: USU

Hasbullah. 2017. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, Malayu. 2018. Manajemen SDM. Jakarta: Bumi Aksara

Kamrida, Andi. 2016. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Pada Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2019. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama

Marwansyah. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, 2017. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 16 tahun 2007 tentang standar kompetensi guru

Putri, Lidia Ananda. 2018. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru di MTsN Sungai Jambu. Batusangkar: IAIN Batusangkar

Rezita, Riza. 2017. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kinerja Guru pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (BPAD DIY). Yogyakarta: UNY

Rivai, Veithzal. Ramly. Mutis. Arafah. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Samsudin. 2017. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin

Saondi. Ondi dan Suherman, Aris. 2017. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Rafika Aditama

Situmorang, S. H., dan Lutfi, M. 2019. Analisa Data : Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Edisi Ketiga. Medan : USU Press

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy & Diana, Anastasi. 2018. Total Quality Management, Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Usman, Husaini. 2019. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Yamin, Martinis dan Maisah. 2018. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v1i1.1318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.