DEVELOPMENT OF WHITEBOARD ANIMATION MEDIA TO IMPROVE STUDENT'S LEARNING INDEPENDENCE
Abstract
Keywords
References
Anas, Muhammad, 2015. Alat Peraga dan Media Pembelajaran, (Jakarta: Pustaka)
Anggraini, 2017. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Think Pair Share Berbantuan Modul Digital Interaktif Terhadap Rata-Rata Kemandirian Dan Hasil Belajar Pemograman Web Pada Siswa Kelas X TKJ di SMKN 11 Malang. (Skirpsi : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UM)
Arsyad , Azhar, 2013. Media Pembelajaran (Jakarta : Raja Grafindo Persada)
Cahyani, Yuliani. 2018. Efektivitas Media Blok Pecahan Dan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Operasi Pecahan Siswa Kelas VII SMPN 2 Barombong. Skripsi Matematika UIN Alauddin Makasar.
Dwiyogo, Wasis, 2013. Media Pembelajaran. Malang: Wineka Media.
Hamzah , Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika. Jakarta : Pt Rajagrafindo Persada.
H. Simamora, Roymond, 2009. Buku Ajar Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.
http://zakiiaydia.com/apa-itu-videoscribe/#note-4559-1 Diakses: 5 Januari 2020, Pukul 20.08
Jumiati, Delsi, 2017. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII MTs.Al-Ittihadiyah (Mamiyai) Kec. Medan Area. Skripsi : Jurusan Pendidikan Matematika UINSU.
Kemendikbud 2013, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud
Making, M. Y. M., dan Heriyanto, V.L. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Mekanika Teknik Berbasis Videoscribe dan Aurora 3d Presentation Pada Materi Konstruksi Pelengkung Tiga Sendi/ E-Journal Pend. Teknik Sipil dan Perencanaan.
Nadhifah, Nur. Dkk, 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika, .Surabaya : seminar nasional pendidikan matematika HIMAPTIKA UMSurabaya.
Rahman, Abdur . Dkk. 2017. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1.Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahmawati, Anis. 2018. Pengembangan Media Ajar Whiteboard Animation Berbasis Videoscribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Materi System Rangka Manusia Siswa Kelas IV SDIT Baik Krapyak Kulon Sewon Bantul. Skripsi : Program Studi PGMI Universitas Wahid Hasyim.
Ridwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung : Alfabeta.
Rizky, Hafizd. Dkk. 2018. Jurnal Pendidikan Perbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Think Pair Share Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMKN 3 Malang Vol 3 No 2.
R. Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta; Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. III. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Suhendra, Deka. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika bernuansa Islam Berbantuan Brain Gym. Skripsi matematika UIN Raden Intan Lampung.
Susanto, Ahmad, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Tri C. Tunggul Wardoyo, 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Di Smk Negeri 1 Purworejo dalam jurnal pendidikan teknik sipil dan perencanaan FT UNY.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang system Pendidikan Nasional.
Uno, Hamzah B. 2007. Pendekatan Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Efektif dan Kreatif. Jakarta; Bumi Aksara.
Widodo , Chomsin S, Jasmani, 2006. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia.
Wijayanti, Tri.2019. Upaya Pembelajaran Project Based Learning Untuk Melatih Kemandirian Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang.
Wahyuni, 2016. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Peran Guru dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP N 1 Kota Jambi. Jambi: Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi.
DOI: https://doi.org/10.37598/jippma.v2i1.1364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prodi Pendidikan Matematika
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh
Jalan Muhammadiyah No 91, Batoh Lueng Bata, Banda Aceh 23245