STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI BANDA ACEH

Yuslaidar Yusuf, S.E., M.Si, Huzairin Fandefi

Abstract


Menganalisis strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Banda Aceh. Maka dengan ini di butuhkan seseuatu formula yang tepat. Berdasarkan latar belakang masalah dan keterbatasan waktu, biaya, tenaga dan ilmu penelitian maka penelitian ini difokuskan pada strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Banda Aceh. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif yang merupakan jenis penelitian yang menggambarkan apa yang dilakukan oleh pemerintah Kota Banda Aceh berdasarkan fakta-fakta yang ada untuk selanjutnya diolah menjadi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-Faktor yang mempengaruhi Kota Banda Aceh adalah Faktor internal pemasaran Kota Banda Aceh adalah dari segi strengths (kekuatan) meliputi objek wisata di Kota Banda Aceh mudah dijangkau dari bandara dan dari Kota Banda Aceh, fasilitas dan pelayanan penginapan dan perhotelan yang baik. Dari segi weaknesses (kelemahan) meliputi kurangnya pemandu wisata yang menguasai bahasa asing, sebagian tempat wisata belum memiliki toilet, kurangnya kualitas pelayanan transfortasi umum (Transkuraja). Faktor eksternal pada pemasaran Kota Banda Aceh adalah dari segi opportunities (peluang) meliputi mempromosi sebagai salah Destinasi wisata halal, dapat pemanfaatan teknologi untuk memberikan informasi wisata ke luar Kota Banda Aceh. Dari segi threat (ancaman) meliputi tempat wisata di daerah lainnya yang menjadi pesaing, potensi bencana alam yang dapat mengganggu dan menghambat jasa transfortasi dan lainnya dan meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata ke daerah lainnya. Strategi pemasaran yang diterapkan saat ini oleh Kota Banda Aceh adalah strategi bauran pemasaran meliputi lokasi atau tempat wisata dan penyediaan fasilitas, promosi yang dilakukan cara sosialiasi dan promosi di berbagai media

Keywords


Strategi pemasaran; Kunjungan wisatawan; Promosi

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta

Assauri Sofjan. (2015). Manajemen Pemasaran, edisi kesatu, cetakan kesembilan, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Ginting, Nurlaila. (2016). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisata DKI Jakarta. Jurnal Analisis Ekonomi Utama Volume X, Nomor 2.

Gitosudarmo, Indriyo. (2015). Manajemen Pemasaran, edisi kedua, cetakan keenam, Penerbit : BPFE Yogyakarta

Ketler dan Armstrong. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Erlangga

Ketler dan Armstrong. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Erlangga

Kotler, P. dan Keller, K. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2014) Manajemen Pemasaran, edisi keduabelas, cetakan pertama, Jilid I dan II, terjemahan Hendra Teguh, PT. Erlangga, Jakarta.

Rangkuti, Fredy. (2014). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan kelima Belas tujuh, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta

Suparno, Indra. (2015). Implementasi Strategi Pemasaran Wisata Keraton Kasepuhan Dalam Membangun Daya Tarik Wisata Kota Cirebon. Skripsi Kementerian Agama Republik Indonesia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon




DOI: https://doi.org/10.37598/bidig.v1i1.1092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.