PEMBERDAYAAN LANSIA PRODUKTIF MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN ECO ENZYM DI PANTI JOMPO GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH

Maria Ulfa, Barmawi Barmawi

Abstract


Abstrak

Lansia adalah kelompok paling rentan di masa pandemic COVID, selama pandemic banyak terjadi perubahan aktivitas social para lansia, yang sebelumnya mereka bisa ikut berkegiatan di luar panti, namun selama pandemic mereka terbatas beraktivitas di dalam panti saja. Apabila para lansia tidak memanfaatkan waktu untuk beraktivitas fisik dan sosial, maka para lansia menjadi tidak prodiktif dan akan memepercepat terjadinya demensia, depresi serta masalah penyakit lainnya dan berujung pada menurunya kualitas kesehatan. Lansia yang aktif dan produktif akan membuat mereka lebih berdaya dan bahagia dalam menjalani hari-hari tuanya. Mengacu akan masalah tersebut kegiatan pengabdian masyarkat yang akan dilakukan adalah membuat sebuah pelatihan pembuatan Eco Enzym kepada para Lansia yang ada di Panti Jompo Geunaseh Sayang Kota Banda Aceh. Lokasi kegiatan Rumah Sejauhtera Geunaseh Sayang (RSGS) Kota Banda Aceh. Target luaran yang akan dicapai adalah para lansia menajdi lebih aktif dan produktif dalam mengolah sisa organic yang dapat di manfaatkan untuk kebutuhan berkebun para lansia. Menyusun buku ilmiah psikologi lingkungan dengan tema Eco Enzym.

Kata Kunci : Lansia, Produktif, Eco Enzym,


Full Text:

PDF

References


Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian, (Yogyakarta: Teras, 2009), hal. 12 2 Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: IKAPI, 2015).

Biswas-Diener, R., & Dean, B. (2007). Positive psychology coaching: Putting the science of happiness to work for your clients. John Wiley & Sons.

Csikszentmihalyi, Mihaly. 2014. Flow and the Foundations of Positive Psychology. New York. Springer Science.

Dewi, M.A., R. Anugrah, dan Y.A. Nurfitri. Uji Aktivitas Antibakteri Ekoenzim Terhadap Escherichia coli dan Shigella dysenteriae. Prosiding Seminar Nasional Farmasi (SNIFA) 2 Unjani. Hal: 6068.

Donnelly, G. E., Lamberton, C., Reczek, R. W., Norton, M. I. (2016). Social Recycling Transform Unwanted Goods into Happiness. JACR. Vol. 2 No. 1. DOI: http://dx.doi.org/10.1086/689866

Giovanis, E. (2014). Relationships between Well-being and Recycling Rates: Evidence from Life Satisfaction Approach in Britain. Journal of Environmental Economics and Policy, 3 (2), 201-214. DOI: https://doi.org/10.1080/21606544.2014.883941




DOI: https://doi.org/10.37598/abdimu.v3i1.1673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.