IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 57 BANDA ACEH

Fajriani Fajriani, Martunis Martunis, Nurraida Nurraida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus di salah satu sekolah inklusi di Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 57 Banda Aceh. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan instrumen screening test untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Klasifikasi masalah yang dialami siswa berdasarkan screening test ABK dibagi dalam 3 kategori yaitu ringan, sedang, dan berat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di sekolah inklusi SD Negeri 57 Banda Aceh belum melakukan identifikasi terhadap anak berkebutuhan khusus di awal penerimaan siswa baru. Hasil identifikasi menunjukkan sebanyak 22 orang siswa diperkirakan mengalami lebih dari satu kebutuhan khusus dengan intensitas hambatan yang berbeda (ringan, sedang, dan berat). Hasil analisis instrumen screening test ABK dipaparkan di bagian hasil. Pihak sekolah dan orangtua disarankan untuk melakukan asesmen lebih lanjut tentang masalah yang dialami anak dan dilanjutkan dengan terapi sesuai dengan masalahnya. Dalam proses pembelajaran, perlu dilakukan penyederhanaan kurikulum, dukungan orang tua, serta bimbingan dan konseling untuk anak yang teridentifikasi sebagai ABK.

Keywords


Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Anderson, J. B dan Freiberg, H. J. (1995). Using Self-asesment as a reflective tool to enhance the student teaching experience. Jurnal Teacher Education quartely, 22, 77-91.

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyartati, S. (2014). Problematika Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Depdiknas. (2007). Rekapitulasi Data Sekolah Luar Biasa Negri dan Swasta TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB di seluruh Indonesia 2006/7. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Sekolah Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.

Hallahan, D. P. & Kauffman, J. M. (2006). Exceptional Learners : Introduction to Special Education (10th ed). Boston : Al lyn & Bacon.

Ilahi, T. M. (2013). Pendidikan Inklusi: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Irvan, M. (2020). Urgensi Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dini. Jurnal Ortopedagogia, 6(2), 108112.

Kismawiyati. (2018). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah PAUD Kab. Jember. Helper, 35(1), 1-10.

Mudjito, dkk. (2012). Pendidikan Inklusif. Jakarta : Baduose Media.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Multidisipliner. Jakarta : Rajawali press.

Norfishah & Ulfa, M. (2018). Screening Instrument : Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Banda Aceh : Cahayabintangkecil.

Permendiknas nomor 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa.

Praptiningrum, dkk, (2010). Identifikasi Dan Sosialisasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Umum. Jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat.

Rapisa, D. R. (2018). Kemampuan Guru Dalam Melakukan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. Pedagogia, 16(1), 16. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10731

Santrock, J. W. (2006). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Tarmansyah. (2007). Inklusi Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: PT Luxina Metro Media.

Yusraini. (2013). Kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan Inklusi. Jurnal kependidikan, 28.

Walgito, B. (2002). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i1,%20April.945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.