PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Qurrata A'yun, Lukman Ibrahim, Muhammad Yani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran pair check. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest and posttest design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dipilih dengan cara merandom kelas yang paralel dari delapan kelas dan terpilih kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan komunikasi matematis yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan paired sample t-test pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran pair check lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diterapkan model pembelajaran pair check. Hal ini diperkuat dengan persentase siswa berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu terjadi penurunan persentase siswa dalam kategori kurang dari yang sebelumnya 88,08% menjadi 6,35%, sedangkan dalam kategori baik mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 11,92% menjadi 93,65%.


Keywords


Model Pembelajaran Pair Check, Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Arina, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Darussalam. Unpublished Thesis. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Dewi, N & Riandi. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kompleks Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping. Journal EDUSAINS, 8(1), 65-79.

Ermavianti, D & Sulistyorini, W. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Membangun Keterampilan Bertanya Produktif Siswa. Jurnal: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 1-15.

Faraningtias, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajatran Pair Check terhadap Keterampilan Komunikasi Intrapersonal Kelas IV MI Ismaria Al-Quraniyah Bandar Lampung. Unpublished Thesis. Lampung: PGMI-UIN Raden Intan.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2014). Lampiran 3 Permendikbud No. 58. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maufur, H. F. (2009). Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan. Semarang: PT. Sindur Press.

Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun 2019. Diakses tanggal 3 Agustus 2019. Dari situs: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!06&99&999!T&T&1&T&1&!1!&

Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2019. Dari situs: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_wilayah!06&99&999!T&T&1&T&1&!1!&

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Slavin E. R. (2015). Cooperative Learning: Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sumarsaid, R., Ibrahim, L., & Yani, M. (2020). Penerapan Pendeakatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(2), 128-143

Susanti, E. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP negeri 26 Pekanbaru. Unpublished Thesis. Pekanbaru: UIN SUSKA RIAU.

The National Council of Teachers of Mathematic. (1996). Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

The National Council of Teachers of Mathematics. (2002). Executive Summary of Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

Wardhana, I. R. & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematiska Siswa, Journal JPM-UNION 6(2), 173-184

Zulfah & Rianti, W. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Soal PISA 2015. Journal JIPM-UPTT, 7(1), 49-56




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i1,%20April.943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.