PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MELALUI BAHAN AJAR STEM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM terhadap penguasaan konsep matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik acak kelas, sehingga kelas VII D sebagai kelas eksperimen 1 menerapkan model cooperative script, kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 menerapkan model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM dan kelas VII A sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Anova diperoleh nilai Fhitung = 7,1075 > 3,12 = Ftabel, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM terhadap penguasaan konsep matematis peserta didik. Pengujian dilanjutkan dengan uji scheffe dengan penerimaan 1 Vs 2 serta penolakan 1 Vs 3 dan 2 Vs 3. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran cooperative script menggunakan bahan ajar STEM memberikan kemampuan penguasaan konsep matematis yang lebih baik dibandingan dengan model pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminingsih, A., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Stem Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 67-76.
Asti, P. N. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14(2), 28-37.
Azni, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. Cerdas Murni Tembung Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Tahun Pelajaran 2014/2015. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 5(1).
Dwita, L., & Susanah, S. (2020). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Dalam Pembelajaran Matematika di SMKpada Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti. MATHEdunesa, 9(2).
Gimo, G., & Nugrahani, F. (2020). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1).
Hartinah, S. et al. (2019). Probing-Prompting Based on Ethnomathematics Learning Model: The Effect on Mathematical Communication Skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 116.
Holidun, H. et al. (2018) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial, Desimal: Jurnal Matematika, 1(1).
Irawaan, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Penguasaan Konsep Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1).
Kania, N., Santoso, E., & Suciawati, V. (2020). Pelatihan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (Stem) Untuk Guru Matematika di Kecamatan Palasah. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 67-75.
Karina, N. & Yani, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Geometri di SMP/MTs. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 4(2), 142-150.
Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 116-122.
Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).
Magdalena, I., Hifziyah, M., Aeni, V. N., & Rahayu, R. P. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Tangerang. NUSANTARA, 2(2), 227-237.
Mujib, M., Mardiyah, M. and Suherman, S. (2020). STEM : Pengaruhnya terhadap Literasi Matematis dan Kecerdasan Multiple Intelligences. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 6673.
Oftiana, S., & Saefudin, A. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Srandakan. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 293-301.
Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53-58.
Rifa'i, R. (2015). Penggunaan Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 28-36.
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Sari, R. K. (2019). Analisis problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23-31.
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165-172.
Wahyuniar, L. S. & Widyawati, S. (2017). Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kombinatorial Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103114.
Wahyuningsih, R. (2019). Pengaruh Model Cooperative Script Dalam Meningkatkan Prestasi Pelajaran IPS Materi Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan di Negera-Negara ASEAN Pada Siswa Kelas VIII A Semester Gasal SMP Negeri 2 Kedungjati Tahun Pelajaran 2018/2019. Majalah Ilmiah Inspiratif, 4(8).
Yusnita, I., Masykur, R. & Suherman. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 4154.
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i1,%20April.908
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.