PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS
Abstract
Standar Kompetensi dalam Kurikulum 2013 juga menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sejenis. Dengan adanya kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa, maka dapat menemukan hal-hal yang baru yang dapat berguna dalam kehidupan mereka kelak. Namun, dalam belajar matematika siswa seringkali menemukan soal yang tidak dengan segera dapat dicari solusinya, sementara siswa diharapkan dapat menyelesaikan soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan pendekatan SAVI dan pembelajaran secara konvensional serta mendeskripsikan peran pendekatan SAVI terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTsN 1 Aceh Besar. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Aceh Besar dan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-4 dan kelas VIII-5. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji kesamaan rata-rata antara kedua kelas melalui program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diterapkan dengan pendekatan SAVI lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional dan pendekatan SAVI sangat berperan penting dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTsN 1 Aceh Besar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Jannah, M. & Nazariah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Limas Siswa Kelas VIII MTsN 1 Aceh Besar. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 5(2), 75-84
Mahmudi, A. (2009). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran, dan Terapannya di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 31 Januari 2009.
Meier, D. (2002). The Accelereted Learning Handbook (Terjemahan). Bandung: Kaifa.
Mertler, C. A. (2014). Designing Scoring Rubrics for Your Classroom. Practical Assessment Research Evaluation, 7(25), 110. Retrieved October 14, 2014 from http://pareonline.net/getvn.asp?v=7&n=25
Mugiono, S. (2001). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa yang Menggunakan LKS Fisika Rancangan Guru. Unpublished Thesis, Bandung: UPI Bandung
Nuranggraeni, E., Effendi, K. N., & Sutirna. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 6(2), 107-114.
Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323-332.
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Roebyarto.(2008). Pendekatan SAVI. diakses dari http://roebyarto.multiply.com/journal/item/21
Takahashi, A. (2006). Characteristics of Japanese Mathematics Lessons. Jepang: Depaul University
Yani, M. (2018). Efektivitas Distractor pada Tes Pilihan Ganda untuk Mendeteksi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Al-khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 125-138
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v7i2.824
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.