NUMBER SENSE PESERTA DIDIK SMK NEGERI PENERBANGAN ACEH

Arhamni Hamid, Elva Wirda, Iklima Iklima

Abstract


Pembelajaran matematika hilang keindahan serta kebermaknaannya jika hanya mengutamakan perhitungan tanpa makna. Para ahli menyatakan jika seseorang memiliki number sense yang baik, matematika akan terasa indah dan menyenangkan sehingga self concept terhadap matematika juga lebih baik. Number sense sangat membantu seseorang untuk melihat kelogisan suatu hasil perhitungan, sehingga ruh dari matematika akan ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi number sense peserta didik SMK Negeri Penerbangan Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian enam peserta didik SMK Negeri Penerbangan Aceh yang memiliki kemampuan matematika yang terbaik dengan pertimbangan berdasarkan nilai rapor pada semester tiga. Instrumen penelitian ini adalah soal number sense dan dikumpulkan melalui wawancara berbasis tugas. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi number sense keenam subjek masih dalam kategori belum baik walaupun ada satu subjek yang telah menggunakan strategi number sense hampir di semua penyelesaian soal, namun masih dalam kategori belum baik. Indikasi keenam subjek belum memiliki strategi number sense yang baik yaitu belum memiliki ide-ide yang bervariasi (hanya mampu menyelesaikan dengan satu cara), belum mampu berhitung secara fleksibel dengan angka dan operasi, belum mampu mengidentifikasi secara fleksibel dengan angka dan operasi, belum mampu mengidentifikasi hubungan yang cepat dan penting. Diharapkan dari penelitian ini bagi dosen, guru, mahasiswa sebagai calon guru, mengkaji lebih lanjut tentang number sense sehingga ada perubahan paradikma berpikir terhadap matematika dimasa depan.

Keywords


Number Sense

Full Text:

PDF

References


Alsawaie, O. N. (2011). Number Sense based Strategies Used By High-Achieving Sixth Grade Students Who Experienced Reform Textbooks. International Journal of Science and Mathematics Education, 10(5), 123-131

Bungin, B. (2012). Penelitian Kualitatif. Jakarta : Kencana.

Forrester, R. (2003). Its not Calculators but How Theyre Used. Maidenhead: Open University Press.

Hadi, S. (2015). Number Sense: Berpikir Fleksibel dan Intuisi Tentang Bilangan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-7.

Jannah, M. & Nazariah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Limas Siswa Kelas VIII MTsN 1 Aceh Besar. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 5(2), 75-84

Molleong, J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

NCTM. (2000). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics, Reston, VA: NCTM.

Pedro, L. A. C. (2006). Using Calculator In Primary Mathematics. Available on-line: http://www.recsam.edu.my/html/onlineJ.html

Yang, D.C. (2005). Number Sense Strategies Used by 6th-Grade Students in Taiwan. Educational Studies, 31(3), 317-333

Yani, M. (2018). Efektivitas Distractor pada Tes Pilihan Ganda untuk Mendeteksi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Al-khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 125-138

Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan. (2016). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menegah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematia, 10(1), 42-58.

Zulkifli. (2011). Perlukah Pembelajaran Bilangan dan Operasinya di SD Direformasi? Makalah disajikan pada Seminar Nasional Matematika Terapan Tanggal 28-29 November 2011 di Universitas Al-Muslim.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v7i2.822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.