TINGKAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH

Arizal Fahmi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep matematis dan kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen dengan populasi penelitian adalah siswa kelas X MAN 2 Pidie Jaya, kemudian secara acak dipilih dua kelas dari tiga kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan kreatif. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,952 berturut-turut untuk kemampuan pemahaman konsep matematis dan kreatif. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw rata-ratanya adalah 72,15, sedangkan dengan pembelajaran konvensional rata-ratanya adalah 46,34. Jika ditinjau ketuntasan secara klasikal nilai kemampuan pemahaman konsep matematis minimal kategori cukup pada kelas kontrol sebesar 5%, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 85%. (2) tingkat kemampuan kreatif dalam pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw rata-ratanya adalah 50,25 sedangkan dengan pembelajaran konvensional rata-ratanya adalah 44,09. Jika ditinjau ketuntasan secara klasikal nilai kemampuan kreatif dalam pemecahan masalah minimal kategori cukup pada kelas kontrol hanya sebesar 0,00%, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 10%.

Keywords


Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Kreatif

Full Text:

PDF

References


Arends, R. (1997). Classroom Instruction and Management. New York: Mc Grawhill

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP. Jakarta. www.depdiknas.go.id

Emiliani. (2007). Peningkatan Pemahaman dan Aplikasi Tentang Konsep Keanekaragaman Hayati Melalui Lembar Kerja Rumah (LKR) di Madrasah Aliyah. Unpublished Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Indrawati, Y. (2006). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika dalam Pelaksanaan KBK pada SMA kota Palembang, Jurnal Manajemen & Bisnis, 4(7), 18-28.

Jaworski. (1994). Proses Perancangan Pengajaran. Bandung: ITB.

Lie, A. (2011). Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Munggaranti. 2007. Penerapan Model Pembelajaran Berprograma Tipe Bercabang Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smk (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas II Semester 1 SMK Pasundan 1 Bandung). Unpublished Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Polya, G. (1973). Competency Based Education. New Jersey: Englewood Cliffs

Pugalee, D. A. (2001). Using Communication to Develop Students Mathematical Literacy. Journal Research of Mathematics Education, 6(1), 296-299.

Ruseffendi. (2005). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang noneksakta lainnya. Cetakan Kedua. Semarang: IKIP Semarang Press

Russeffendi. (2006). Pengantar Kepada Guru Mengembangkan kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Saragih. (2007). Pengembangan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui PMR. Unpublished Dissertation. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Shadiq, F. (2007). Laporan Hasil Seminar Lokakarya Pembelajaran Matematika. Maret 2007. P4TK. Yogyakarta.

Suzana, Y. (2003). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Unpublished Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

TIMSS (Trends in Mathematics Sciense Study). (2009). Tersedia online. http://nces.ed.gov/timss/tables03.asp

Wahyudin dan Sudrajat. 2003. Ensiklopedi Matematika dan Peradapan Manusia. Jakarta: Tatity Samudra Berlian




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v7i2.809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.