KONTRIBUSI PENGETAHUAN AYAT-AYAT KAWNIYAH TERHADAP SELF-CONFIDENCE SISWA (Suatu Kajian Pengintegrasian Ayat-Ayat Kawniyah dalam Pembelajaran Matematika di SMA Kota Banda Aceh)

Bainuddin Yani

Abstract


Penelitian ini bertujaun untuk mengkaji tentang pengintegrasian ayat-ayat kawniyah dalam pembelajaran matematika, kontribusi pengetahuan siswa pada ayat kawniyah terhadap self-confidence mereka, serta ada tidaknya korelasi yang positif antara pengetahuan siswa pada ayat-ayat kawniyah dan self-confidence mereka. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis one-shot case study. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMAN Kota Banda Aceh dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI SMAN 7 dan SMAN 13 Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui angket ayat-ayat kawniyah dan self-confidence yang dianalisis secara deskriptif dan pengujian korelasi melalui uji-t. Hasil analisis data  diperoleh bahwa (1) Pengetahuan siswa pada ayat-ayat kawniyah berkontribusi terhadap self-confidence sebesar 10,84% dan (2) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara pengetahuan siswa pada ayat-ayat kawniyah dan self-confidence. Berdasarkan temuan ini, guru matematika diharapkan selalu mengintegrasikan ayat-ayat kawniyah dalam pembelajaran matematika sesuai dengan kemampuan masing-masing.


Keywords


Pengintegrasian, Ayat Kawniyah, Self-Confidence, Pembelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Abdul-Aziz, A., et. al. (2013). Assessing the Impact on Knowledge and Behaviour Change, Journal Inculcating Sustainable Development among Engineering Students, (2), 1-8.

Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

Anwar, S dan Elfiah, R. (2019). Science and Religious Integration (Implications for the Development at UIN Raden Intan Lampung). Journal of Physics: Conference Series, 1155-012095, IOP Publishing

Bawani, I. (2001). Pendidikan Islam di Indonesia; Beberapa Problema dan Alternatif Jalan Keluarnya. Disampaikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar pada Rapat Senat Terbuka IAIN Sunan Ampel, Surabaya, 10 Pebruari

Çiftçi, Ş. K and Yıldız, P. (2019). The Effect of Self-Confidence on Mathematics Achievement: The Meta Analysis of Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). International Journal of Instruction, 12(2), 684-694.

Creswell, J. W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Agama R.I. (2004). Al-Quran dan Terjemahannya, versi digital. Jakarta

Fatimah. (2017). Ayat-ayat Sains dalam Al-Quran (Tela’ah Balaghah). Jurnal Al-Hikmah, 5(2), 1-9.

Galbraith, P., & Haines, C. (1998). Disentangling the Nexus: Attitudes to Mathematics and Technology in a Computer Learning Environment. Educational Studies in Mathematics, 36(3), 275-290.

Ibrahim, E., et. al. (2015). Interaction with the Qur’an and Self-Regulated Learning Vis-à-Vis Academic Achievement of Undergraduate Students, International Islamic University Malaysia, International Journal of Current Research and Academic Review, 3(9), 189-197.

Kerlinger, F. N. (1973). Foudation of Behavioral Research. New York: Holt, Rinehart, and Winston

Krech, D., et.al. (19820. Individual in Society, a Text Book of Social Psychology, New York: McGraw-Hill International Book Company

Lauster, P. (2012). Tes Kepribadian, Terj. D. H. Gulo. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad, A.R. (2017). Kurikulum Terpadu antara Islam dan Sains. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 9, 722-727. Pekan Baru: Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Manullang, dkk. (2017). Matematika untuk Siswa SMA/MA/SMK Kelas XI. Jakarta: Kemendikbud

Naik, Z (2015). The Quran and Modern Science: Compatible or Incompatible? Islamic Research Foundation. December 18 2015. Online: http://www.ahya.org

Pierce, R., & Stacey, K. (2004). A Framework for Monitoring Progress and Planning Teaching Towards the Effective Use of Computer Algebra Systems. International Journal of Computers for Mathematical Learning, 9, 59-93.

Republika. (2012). Hikmah di Balik Ayat Kawniyah. Jakarta 10 Pebruari 2012

Stankov, L., Lee, J., Luo, W., & Hogan, D. J. (2012). Confidence: A Better Predictor of Academic Achievement than Self-Efficacy, Self-Concept and Anxiety?. Learning and Individual Differences, 22(6), 747-758.

Syam, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (self-Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 5(1), 87-102

Waini, I. et. al. (2014). Self-Confidence in Mathematics: A Case Study on Engineering Technology Students in FTK, UteM. International Journal for Innovation Education and Research, 2-11

Yahya, H. (2004). Al-Quran dan Sains. Bandung: Dzikra




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v7i1.775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.