KONTRIBUSI PENGETAHUAN AYAT-AYAT KAWNIYAH TERHADAP SELF-CONFIDENCE SISWA (Suatu Kajian Pengintegrasian Ayat-Ayat Kawniyah dalam Pembelajaran Matematika di SMA Kota Banda Aceh)
Abstract
Penelitian ini bertujaun untuk mengkaji tentang pengintegrasian ayat-ayat kawniyah dalam pembelajaran matematika, kontribusi pengetahuan siswa pada ayat kawniyah terhadap self-confidence mereka, serta ada tidaknya korelasi yang positif antara pengetahuan siswa pada ayat-ayat kawniyah dan self-confidence mereka. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis one-shot case study. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMAN Kota Banda Aceh dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI SMAN 7 dan SMAN 13 Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui angket ayat-ayat kawniyah dan self-confidence yang dianalisis secara deskriptif dan pengujian korelasi melalui uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Pengetahuan siswa pada ayat-ayat kawniyah berkontribusi terhadap self-confidence sebesar 10,84% dan (2) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara pengetahuan siswa pada ayat-ayat kawniyah dan self-confidence. Berdasarkan temuan ini, guru matematika diharapkan selalu mengintegrasikan ayat-ayat kawniyah dalam pembelajaran matematika sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul-Aziz, A., et. al. (2013). Assessing the Impact on Knowledge and Behaviour Change, Journal Inculcating Sustainable Development among Engineering Students, (2), 1-8.
Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Anwar, S dan Elfiah, R. (2019). Science and Religious Integration (Implications for the Development at UIN Raden Intan Lampung). Journal of Physics: Conference Series, 1155-012095, IOP Publishing
Bawani, I. (2001). Pendidikan Islam di Indonesia; Beberapa Problema dan Alternatif Jalan Keluarnya. Disampaikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar pada Rapat Senat Terbuka IAIN Sunan Ampel, Surabaya, 10 Pebruari
Çiftçi, Ş. K and Yıldız, P. (2019). The Effect of Self-Confidence on Mathematics Achievement: The Meta Analysis of Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). International Journal of Instruction, 12(2), 684-694.
Creswell, J. W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Agama R.I. (2004). Al-Quran dan Terjemahannya, versi digital. Jakarta
Fatimah. (2017). Ayat-ayat Sains dalam Al-Quran (Tela’ah Balaghah). Jurnal Al-Hikmah, 5(2), 1-9.
Galbraith, P., & Haines, C. (1998). Disentangling the Nexus: Attitudes to Mathematics and Technology in a Computer Learning Environment. Educational Studies in Mathematics, 36(3), 275-290.
Ibrahim, E., et. al. (2015). Interaction with the Qur’an and Self-Regulated Learning Vis-à -Vis Academic Achievement of Undergraduate Students, International Islamic University Malaysia, International Journal of Current Research and Academic Review, 3(9), 189-197.
Kerlinger, F. N. (1973). Foudation of Behavioral Research. New York: Holt, Rinehart, and Winston
Krech, D., et.al. (19820. Individual in Society, a Text Book of Social Psychology, New York: McGraw-Hill International Book Company
Lauster, P. (2012). Tes Kepribadian, Terj. D. H. Gulo. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhammad, A.R. (2017). Kurikulum Terpadu antara Islam dan Sains. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 9, 722-727. Pekan Baru: Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Manullang, dkk. (2017). Matematika untuk Siswa SMA/MA/SMK Kelas XI. Jakarta: Kemendikbud
Naik, Z (2015). The Quran and Modern Science: Compatible or Incompatible? Islamic Research Foundation. December 18 2015. Online: http://www.ahya.org
Pierce, R., & Stacey, K. (2004). A Framework for Monitoring Progress and Planning Teaching Towards the Effective Use of Computer Algebra Systems. International Journal of Computers for Mathematical Learning, 9, 59-93.
Republika. (2012). Hikmah di Balik Ayat Kawniyah. Jakarta 10 Pebruari 2012
Stankov, L., Lee, J., Luo, W., & Hogan, D. J. (2012). Confidence: A Better Predictor of Academic Achievement than Self-Efficacy, Self-Concept and Anxiety?. Learning and Individual Differences, 22(6), 747-758.
Syam, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (self-Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 5(1), 87-102
Waini, I. et. al. (2014). Self-Confidence in Mathematics: A Case Study on Engineering Technology Students in FTK, UteM. International Journal for Innovation Education and Research, 2-11
Yahya, H. (2004). Al-Quran dan Sains. Bandung: Dzikra
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v7i1.775
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.