PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INDERA PENGLIHATAN DAN ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 3 SEUNAGAN

Rita Muslarita, Mauizah Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode role playing pada materi indera penglihatan dan alat optik di SMPN 3 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Seunagan Kabupaten Nagan Raya dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII1 (eksperimen) dan kelas VIII2 (kontrol). Data dikumpulkan melalui observasi dan test. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan metode pembelajaran role playing pada materi indera penglihatan dan alat optik di SMPN 3 Seunagan Kabupaten Nagan Raya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil analisis data yang diperoleh thitung sebesar 14,427 yang selanjutnya dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk = 20 + 20 – 2 = 38, maka diperoleh nilai ttabel = 2,024. Karena thitung  >  ttabel  (14,427 > 2,024), maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing pada materi indera penglihatan dan alat optik di SMPN 3 Seunagan Kabupaten Nagan Raya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.


Keywords


Role playing, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Ali Ibrahim. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Ekskresi di SMA Negeri 2 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Unpublished skripsi. Meulaboh: STIKIP

Ani, Tri C. (2001). Psikologi Belajar, Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, S .(2006). Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Bandung: Rineka Cipta.

Bagas Nugroho. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD. Unpublished skripsi. Universitas Tanjung Pura.

Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Djoko Martono, Reaksi Indera penglihatan dan alat optik, Jakarta : Pusat Perbukuan, 2009

Junaidi Salim.(2015). Pengaruh Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD unpublished skripsi. Universitas tanjung pura.

Lilis Susanti. (2016). Pengaruh Metode Role Playing terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik MTsS DDI Kulo Kabupaten Sidrap. Unpublished skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alaudin.

Roestiyah. (2002). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Santosa. (2010). Metode Pembelajaran Role Playing (bermain peran), Bandung: Bumi Aksara.

Suhaenah Suparno, S. (2001). Membangun Kompetensi Belajar, Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v7i1.774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.