RESPON SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Siti Mawaddah, Nailul Authary

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model kooperatif student team achievement division (STAD) pada materi aritmetika sosial kelas VII mtss Baitul Arqam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Baitul Arqam, sedangkan sampel adalah sebanyak 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket respon siswa terhadap pembelajaran STAD. Setelah data diperoleh, selanjutnya data dianalisis menggunakan skala likert. Hasil dari analisis kemudian dikelompokkan dengan menggunakan kriteri skor rata-rata. Hasil penelitian adalah Angket respon siswa diberikan kepada siswa pada akhir pembelajaran yaitu setelah siswa menyelesaikan tes akhir (posttest), angket respon siswa bertujuan untuk mengetahui perasaan siswa, minat siswa dan pendapat siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran koorperatif tipe STAD. Respon yang diberikan ternyata mendapat respon yang baik dari siswa, yaitu berkategori sangat positif. Hal ini sesuai dengan hasil angket yang menyatakan bahwa siswa senang dan bermotivasi untuk mengikuti pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran koorperatif tipe STAD.

Kata Kunci:  Respon Siswa, Model Pembelajaran STAD, Aritmetika Sosial


Full Text:

PDF

References


Amri. (2013 )Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, Jakarta: Prestasi Pustakarya

Hudojo (2001) Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Bandung: JICA

Muhibbin Syah (1995), Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution, Noehi (2007), Evaluasi Pembelajaran Matematika, Cet.1, Jakarta : Universitas Terbuka

Authary, N. (2017). Number Sense Anak Usia Dini: Suatu Investigasi Pada Aritmetika Tahap Awal. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1-15.

Authary, N., & Nazariah, N. (2019). PENALARAN ALJABAR: SUATU PELEVELAN BERBASIS TAKSONOMI SOLO PADA PEMECAHAN MASALAH PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2).

Risdiawati. (2015),Implementasi Model Pembelajaran Koorperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Imogiri

Suryani. (2011), Implementasi Model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas XI IPS SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta

Suryani. (2011), Implementasi Model Coorperative Learning tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas XI IPS SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta, 2011




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v7i1.769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.