SISTEM PENDIDIKAN PADA PESANTREN TRADISIONAL
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Al-Ghazali. 1977. Ihyā‘Ulūm ad Dīn, Jilid III, Dār-al-Mishri: Beirut.
Amin Haedari. HM, dkk. 2004. Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD PRESS.
Daradjat.Zakiah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Agama RI. 2003. Pola Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI.
Dhofier. Zamakhsyari.(1982). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai, (Jakarta: LP3ES,(Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial).
Hakim Nyak Pha. Muhammad. 1978.Apresiasi Terhadap Pesantren Suatu Tinjauan Terhadap Tatakrama Kehidupan Pesantren, Banda Aceh: Pengurus Besar Pesantren tradisional Inshafuddin.
Hasbi Amiruddin. M. 2008. Menatap Masa Depan Pesantren tradisional di Aceh, Banda Aceh: Yayasan PeNA.
Hasbullah. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
............... 1996. Sejarah pendidikan Islam di Indonesia:Lintasan sejarah pertumbuhan dan perkembangannya, Jakarta: Grafindo Persada.
Hasjmy. A. (1975). “Pendidikan Islam di Aceh dalam Perjalanan Sejarah,” Sinar Darussalam.
Husein. Ibrahim. 1985. Persepsi Kalangan Pesantren/Pesantren tradisional Terhadap Pendidikan Tinggi di Aceh, Sinar Darussalam, No.146.
Idris. Safwan, 1995. Perkembangan Pendidikan Daya (Antara Tradisi dan Pembaharuan), dalam buku Perkembangan Pendidikan di Daerah Istimewa Aceh, Banda Aceh: Majelis Pendidikan Daerah Istimewa Aceh.
Mujamil.Qomar.Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, tt.
Munawarah. Djunaidatul , 2001. Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren, dalam Abuddin Nata, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grasindo.
Musliadi. 2013. Abuya Syekh Muda Waly Al-Khalidy (1917-1961 M, Banda Aceh.
Nahlawy.Abd. Rahmān. 1992.Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, diterjemahkan Dahlan & Sulaiman, Bandung: Dipenegoro.
Nata.Abuddin. 2002. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grasindo.
.............. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa Group.
Nawawi. Hadari. 1993. Pendidikan dalam Islam, Surabaya; Al-Ikhlas.
Qomar, Mujamil. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, (Jakarta: Erlangga, tt), hlm. 143.
Ridhā. Rasyīd. Tafsīr al-Manār, Jilid II, Mesir; Maktābah al-Qahīrah, tt.
Saiful S. STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER PADA DAYAH SALAFI DI ACEH. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh. 2016 Jan 29;2(2).
Saiful, S. (2018). Model Pendidikan Karakter Pada Pesantren Tradisional Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.
Saifullah. 2013. “Kelebihan Pendidikan Berbasis Pesantren tradisional”, disampaikan pada khutbah Jum’at di Mesjid Agung Bireuen. Serambi Indonesia tanggal 8 Februari 2013.
Tafsir. Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tata Taufiq. M et all, Rekonstruksi Pesantren Masa Depan (dari Tradisional, Modern, Hingga Post Modern), Kuningan: IAIN Lathifah Mubarokiyan, tt.
Tim Depag RI. 1983. Pedoman Pembinaan Pondok Pesantren,. Jakarta: Dirjen Bina Islam.
Yusuf. M. dan Tumannggor. Rusmin. 1986. Pondok Pesantren Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan, (Studi Tentang Perkembangan Sistem Pendidikan Agama Islam di Aceh), Darussalam Banda Aceh: Lembaga Risearch dan Survei, IAIN Ar-Raniry.
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20Oktober.697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.