SISTEM PENDIDIKAN PADA PESANTREN TRADISIONAL

Saiful Saiful

Abstract


Meteri pendidikan di pesantrentradisonal terdiri dari kajian hukum (fiqh dan ushul fiqh, ilmu tauhid, akhlak, ilmu falak, ilmu manthiq,  dan bahasa Arab. Kitab-kitab yang dipelajari di pesantren tradisional di antaranya adalah kitab lapan (bahasa Jawi), sedangkan untuk bahasa Arab yaitu kitab dhammun (kitab ṣaraf) dan matan jurūmiyah (kitab nahwu) dengan pengantar bahasa jawi (melayu). Kemudian dilanjutkan pada jenjang ilmu-ilmu fiqh, uṣūl, dan tasawwuf dengan kitab pendahuluan nahwu, tafsīr dan hadīth.Metode pendidikan yang digunakan di pesantren tradisional antara lain yaitu (a) Metode hafalan yang bersifat nadham (syair). (b) Metodehiwār merupakan metode klasikal. (c)Mudhākarah atau bahtsul masā’il merupakan pertemuan ilmiah untuk membahas masalah ajaran agama Islam, seperti ibadah, akidah, dan permasalahan-permasalahna agama lainnya. (d) Fathul Kutub merupakan kegiatan latihan membaca kitab (terutama kitab kuning) yang umumnya ditugaskan kepada santri. (e), metode keteladanan, (f) metode pembiasaan, ibrah(mengambil pelajaran), (g) metode mauī’ẓah, (h) metode kedisiplinan, (i) metode targhīb dan tahzīb, (j) metode sorogan, dan (k) metode wetonan atau bandongan.

Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali. 1977. Ihyā‘Ulūm ad Dīn, Jilid III, Dār-al-Mishri: Beirut.

Amin Haedari. HM, dkk. 2004. Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD PRESS.

Daradjat.Zakiah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2003. Pola Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI.

Dhofier. Zamakhsyari.(1982). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai, (Jakarta: LP3ES,(Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial).

Hakim Nyak Pha. Muhammad. 1978.Apresiasi Terhadap Pesantren Suatu Tinjauan Terhadap Tatakrama Kehidupan Pesantren, Banda Aceh: Pengurus Besar Pesantren tradisional Inshafuddin.

Hasbi Amiruddin. M. 2008. Menatap Masa Depan Pesantren tradisional di Aceh, Banda Aceh: Yayasan PeNA.

Hasbullah. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

............... 1996. Sejarah pendidikan Islam di Indonesia:Lintasan sejarah pertumbuhan dan perkembangannya, Jakarta: Grafindo Persada.

Hasjmy. A. (1975). “Pendidikan Islam di Aceh dalam Perjalanan Sejarah,” Sinar Darussalam.

Husein. Ibrahim. 1985. Persepsi Kalangan Pesantren/Pesantren tradisional Terhadap Pendidikan Tinggi di Aceh, Sinar Darussalam, No.146.

Idris. Safwan, 1995. Perkembangan Pendidikan Daya (Antara Tradisi dan Pembaharuan), dalam buku Perkembangan Pendidikan di Daerah Istimewa Aceh, Banda Aceh: Majelis Pendidikan Daerah Istimewa Aceh.

Mujamil.Qomar.Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, tt.

Munawarah. Djunaidatul , 2001. Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren, dalam Abuddin Nata, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grasindo.

Musliadi. 2013. Abuya Syekh Muda Waly Al-Khalidy (1917-1961 M, Banda Aceh.

Nahlawy.Abd. Rahmān. 1992.Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, diterjemahkan Dahlan & Sulaiman, Bandung: Dipenegoro.

Nata.Abuddin. 2002. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grasindo.

.............. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa Group.

Nawawi. Hadari. 1993. Pendidikan dalam Islam, Surabaya; Al-Ikhlas.

Qomar, Mujamil. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, (Jakarta: Erlangga, tt), hlm. 143.

Ridhā. Rasyīd. Tafsīr al-Manār, Jilid II, Mesir; Maktābah al-Qahīrah, tt.

Saiful S. STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER PADA DAYAH SALAFI DI ACEH. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh. 2016 Jan 29;2(2).

Saiful, S. (2018). Model Pendidikan Karakter Pada Pesantren Tradisional Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.

Saifullah. 2013. “Kelebihan Pendidikan Berbasis Pesantren tradisional”, disampaikan pada khutbah Jum’at di Mesjid Agung Bireuen. Serambi Indonesia tanggal 8 Februari 2013.

Tafsir. Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tata Taufiq. M et all, Rekonstruksi Pesantren Masa Depan (dari Tradisional, Modern, Hingga Post Modern), Kuningan: IAIN Lathifah Mubarokiyan, tt.

Tim Depag RI. 1983. Pedoman Pembinaan Pondok Pesantren,. Jakarta: Dirjen Bina Islam.

Yusuf. M. dan Tumannggor. Rusmin. 1986. Pondok Pesantren Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan, (Studi Tentang Perkembangan Sistem Pendidikan Agama Islam di Aceh), Darussalam Banda Aceh: Lembaga Risearch dan Survei, IAIN Ar-Raniry.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20Oktober.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.