PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD

Gingga Prananda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 43 sungai sapih padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80 dan 69,82 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh thitung (3,286) > ttabel (1,674), maka hipotesis diterima. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar IPA menggunakan model Student Teams Achievement Division siswa kelas V pada aspek kognitif  SD Negeri 43 Sungai Sapih Padang.

Keywords


STAD; Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Arisman Azizah. 2015. Prosiding Seminar Nasional Fisika Tentang Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Motode Paraktikum Dalam Pembelajaran IPA

Esminarto, Sukowati, & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(November), 16–23.

Ronawati.2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 3 Tambun Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako.Vol. 4.No. 1

Sukaesih, O. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada, 3(2), 46–59. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1321.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuatitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ni Made Sunilawati, Nyoman Dantes, I. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. Pendidikan Dasar, 3, 1. Retrieved from http://119.252.161.25/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article.

Muldayanti, N. D. (2013). Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran Biologi Model Stad Dan Tgt Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa. JPII, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4179

Tiantong, M., & Teemuangsai, S. (2013). Student team achievement divisions (STAD) technique through the moodle to enhance learning achievement. International Education Studies, 6(4), 85–92. https://doi.org/10.5539/ies.v6n4p85




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20Oktober.648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.