NILAI- NILAI AGAMA ISLAM

Nurul Jeumpa

Abstract


Nilai agama, khususnya agama Islam  bersumber dan berakar dari keimanan terhadap keesaan Tuhan. Semua nilai kehidupan manusia berakar dari keimanan terhadap keesaan Tuhan yang menjadi dasar agama. Nilai-nilai Islam itu  pada hakikatnya adalah kumpulan dari prinsip-prinsip hidup, ajaran-ajaran tentang  bagaimana  manusia seharusnya menjalankan kehidupannya di dunia ini, yang satu prinsip dengan lainnya saling terkait membentuk satu kesatuan yang utuh tidak dapat dipisah-pisahkan. Nilai juga merupakan suatu gagasan atau konsep tentang apa yang dipikirkan seseorang dan dianggap penting dalam kehidupannya. Melalui nilai dapat menentukan suatu objek,orang, gagasan, cara bertingkah laku yang baik atau buruk. Nilai juga sesuatu yang melekat pada diri seseorang yang diekspresikan dan digunakan secara konsisten dan stabil. Nilai juga dianggap sebagai patokan dan prinsip-prinsip untuk menimbang atau menilai sesuatu tentang baik atau buruk, berguna atau sia-sia, dihargai atau dicela.Wujud nilai-nilai Islam harus dapat ditransformasikan dalam lapangan kehidupan manusia. Agama bertujuan membentuk pribadi yang cakap untuk hidup dalam masyarakat di kehidupan dunia yang merupakan jembatan menuju akhirat. Agama mengandung nilai-nilai rohani yang merupakan kebutuhan pokok kehidupan manusia, bahkan kebutuhan fitrahnya karena tanpa landasan spiritual yaitu agama manusia tidak akan mampu mewujudkan keseimbangan antara dua kekuatan yang bertentangan yaitu kebaikan dan kejahatan. Nilai-nilai agama Islam sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan sosial, bahkan tanpa nilai tersebut manusia akan turun ke tingkat kehidupan hewan yang amat rendah karena agama mengandung unsur kuratif terhadap penyakit sosial.

Full Text:

PDF

References


Fuaduddin & Cik Hasan Basri, (Ed) Dinamika Pemikiran Islam Di Perguruan Tinggi, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002)

Noeng Muhadjir, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial; Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif, Edisi V, (Yogyakarta: Rake Sarasin Radar Jogja, 1977)

Kuntowijoyo, Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi, Cet VIII, ( Bandung: Mizan, 1998)

Jamaliah Hasballah, Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Kurikulum, (Tesis), (Banda Aceh: PPs IAIN Ar-Raniry, 2008)

Muhammad Yusuf Musa, Al-Islam Wa Hajah Al-Insaniyyah Ilayh, (Peterjemah: A. Malik Madaniy dan Hamim Ilyas), (Jakarta: Rajawali, 1988)

Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992)

Zakiah Daradjat, Dasar-Dasar Agama Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1992)

W.JS. Purwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1999)

Titus, M.S, et al, Persoalan-persoalan Filsafat, (Jakarta: Bulan Bintang, 1984)

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung: Trigenda Karya, 1993)

M. Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)

Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004)

Muhammad Syaltout, Al-Islam Aqidah Wasy-Syari’ah, (Kairo: Darul Qalam, 1966)

Abdul Jabbar Adlan, Dirasat Islamiyah, ( Jakarta: Aneka Bahagia, 1993), hal. 11. Lihat juga tesis Jamaliah Hasballah, Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Kurikulum, (Banda Aceh: PPs IAIN Ar-Raniry, 2008)

Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1987)

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Al-

Ma’arif, 1962)

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung: Trigenda Karya, 1993)

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bina Aksara, 1995)

Achmadi, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta: Aditya Media,1992)

Yusuf Amir Faisal, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Gema Insani Press,1995)




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v4i2.564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.