SENI MUSIK MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Saiful Saiful

Abstract


Menurut Islam, seni dan memainkan musik dibolehkan (mubah) sepanjang tidak bertentangan dengan hukum syara’. Demikian juga mendengar nyanyian di radio, radio kaset, TV dan media audiovisual lainnya hukumnya  mubah. Dasarnya adalah dengan mengambil kaidah syara’ yang berbunyi: “Hukum asal segala sesuatu adalah mubah (boleh dipakai dan dimanfaatkan), kecuali bila ada dalil yang mengharamkannya”. Adapun nyanyian yang mengandung kata-kata yang tidak baik (tidak sopan), seperti menyebutkan sifat-sifat  yang tidak baik (lelaki bujang dan perempuan dara), atau sifat-sifat wanita yang masih hidup. Maksud ucapan tersebut adalah nyanyian nyanyian yang bercampur dengan hal-hal yang telah dilarang oleh syara'. Mengenai seni kaligrafi, seni arsetektur, seni ukir seni bela diri dan sebagainya, Islam membolehkan asal tidak bertentangan dengan normal agama.

References


Johnson, D.W, & Johnson, F.P. 2012. Dinamika Kelompok. Teori dan Keterampilan. Edisi 9. Pengalih Bahasa. Theresia. Jakarta. Indeks

Luthans, F. 2006. Organizational Behavior. Edisi 10. Pengalih Bahasa. Vivin, dkk. Yogyakarta. Andi.

Moorhead dan Griffin. 2013. Organizational Behavior. Managing People and Organizations. Edisi 9. Penerjemah. Angelica, D. Jakarta. Salemba Empat.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung. Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2012. ManajemenKepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. Bumi Aksara.

Rivai, Mulyadi. 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi 3. Jakarta. RajaGrafindo Persada.

Soetopo, H. 2010. KepemimpinanPendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Univ. Negeri Malang.

Wahab, A.A. 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v4i1.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.