PENGUKURAN KINERJA SEKOLAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN Balenced Scorecard

Restu Andrian

Abstract


Kinerja menjadi tolak ukur berhasil tidaknya suatu organisasi. Keberhasilan suatu organisasi tergambarkan dari capaian yang dihasilkan dengan standar tujuan dari organisasi tersebut. Sekolah sebagai bagian dari organisasi pendidikan tentu memiliki andil besar dan tujuan dalam proses meningkatkan mutu pendidikan. Sekolah sebagai suatu organisasi memiliki kewenangan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Untuk mengetahui sejauhmana keefektifak kinerja sekolah tentu harus dilakukan pengukuran yang sistematis dan rasional agar tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan baik. Balance Scorcard merupakan salah satu alat ukur kinerja yang beorientasi pada pandangan strategis ke masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengkaji kinerja pada SMP Negeri 2 Darul Imarah dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard.


References


Arikunto, S. (2013), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Bastian, I. (2001), Akuntansi Sektor Publik di Indonesia, Yogyakarta: BPFE.

David, F.R. (2006). Strategic Management, Manajemen Strategis, Jakarta: Salemba Empat.

Fatchan, H.A. (2013), Metode Penelitian Kualitatif: 10 Langkah Penelitian Kualitatif Pendekatan Konstruksi dan Fenomenologi, Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Gaspersz,V. (2005), Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Grant, R. M. (1997), Analisis Strategi Kontemporer, Konsep, Teknik, Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Himawan, F.A dan Juarsah. (2005), Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Manajemen: Studi Kasus PT. Makro Indonesia Cabang Pasar Rebo, Jakarta. Esensi. Vol. 8, No. 1, 55-83.

Kuncoro, M. (2006). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Jakarta: Erlangga.

Mangkunegara, A. P. (2000), Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Rosdakarya.

Musa. (2014), Penilaian Kinerja Lembaga Pendidikan Islam dengan Pendekatan Balanced Scorecard di MAN Malang I, Tesis S-2 Manajemen Pendidikan Islam Tidak dipublikasikan, Uiniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rangkuti, F. (2015), SWOT Balanced Scorecard, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saiful. (2016), Strategi Pendidikan Karakter Pada Dayah Salafi di Aceh. Pedagogik. Vol. 2, No. 2, 1-30.

Sipayung, F. (2009). Balanced Scorecard: Pengukuran Kinerja Perusahaan dan Sistem Manajemen Strategis. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 2, No.1, 7-14.

Sudjana, N. (1989), Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Penerbit Baru.

Sugeng, B. (2010), Model Penjabaran Perencanaan Strategik Lembaga Sekolah Berbasis Balanced Scorecard (BSC). Jurnal Penelitian Pendidikan. No. 2, 126-135.

Kaplan, R. S dan Norton, D. V. (1996), The Balanced Scorecard: Translating Strategy into Action, Massachussets, Harvard Business School Press.

Suharsaputra, U. (2010), Administrasi Pendidikan, Bandung: Refika Aditama.

Putrayasa, I.M.A. (2011). Pengukuran Kinerja ditinjau dari empat Perspektif Balanced Scorecard Pada Koperasi Mertha Yasa di Desa Penarungan, Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. Vol. 7, No. 3, 141-149.210), 2007.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v4i1.491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.