RESPON MUZAKI TERHADAP PENERAPAN LAYANAN ELEKTRONIK BANKING PADA LEMBAGA ZAKAT DOMPET PEDULI UMMAT DARUTTAUHID (DPU- DT)

Ahlan Nur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon muzaki terhadap penerapan layanan elektronik banking pada lembaga zakat Dompet Peduli Umat (DPU-DT) Cabang Yogyakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya muzaki lembaga zakat DPU DT dalam penggunaan layanan elektronik banking yang diterapkan oleh lembaga zakat tersebut. Dalam peneltian ini diajukan model penelitian untuk menganalisis respon muzaki terhadap penerapan layanan elektronik banking. Adapun respon dalam penelitian ini meliputi persepsi, sikap dan kepercayaan terhadap minat menggunakan layanan elektronik banking. Penelitian ini menggunakan sampel 69 orang muzaki DPU-DT yang merupakan donatur tetap namun belum menggunakan layanan elektronik banking. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Sederhana pada Program SPSS. Hasil analisa data menunjukkan bahwa persepsi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan elektronik banking, sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan elektronik banking, serta kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan elektronik banking.


References


Abdurahman,abror, psikologi pendidikan,Yogyakarta: tiara wacana,1993

Abraham H. Maslow, Motivation and Personality, New York: Longman, 1987

Abraham H. Maslow, Motivasi dan Kepribadian, seri Manajemen No. 104, Terj. Nurul Iman, Jakarta: PT. Pustaka Binawan Pressindo, 1994

Ala ‘Eddin., E-banking Fungsional and Outcomes of Customer Satisfaction; an Empirical Investigation, International Journal of Marketing Studies, vol 3 no 1, 2011.

Azwar, S., Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarata, 1988., Liberti

Basu. S. Dharmesta, Perilaku belanja Konsumen Era 90an dan Strategi Pemasaran, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, September, 29

Berlian Widastuti, Studi Tentang Intensitas Penggunaan Elektronik Banking Oleh Nasabah PT. Bank Central Asia TBK (BCA) Kantor Cabang Utama Semarang, Thesis Program Magister Manajemen Universitas Dipenegoro Semarang; Tidak dipublikasikan, 2010

B. Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Offset, 1989

Budi Raharjo, seminar akuntansi, univesitas widyatama, 2003.ppt

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke-3, Jakarta: Balai Pustaka, 2001

Esthi Dwityanti, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Layanan Internet Banking Mandiri Studi Kasus Pada Karyawan Departem Pekerjaan Umum Jaakarta, Thesis Program Studi Magister Manajemen, Universitas Dipenegoro, Tidak dipublikasikan, Semarang, 2008.

F. Hasan, Kamus Istilah Psikologi Umum, Yogyakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen P&K, 1981

George herbert mead,teori sosiologi modern, Jakarta: prada media, 2004

Gibson Vancevich, Donnelly, Organitation, Jakarta: Binarupa Aksara, 1996

Gunawan Sudarmanto, Analisis Regresi Linear ganda Dengan SPSS Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005

H. Sarjono., W. Julianita, SPSS vs Lisrel: Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset Jakarta: Salemba Empat, 2011

John M. Echols dan Hasan Shadily, kamus Inggris-Indonesia, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1996

Loaudon, D., & Della-Bitta, J.A., Consumer Behavior: Konsep and applications Sinagpore, 1993., McGraw-Hil

Linda L Davidaff, psikologi suatu pengantar, jakarta: Erlangga, 1998

Micheal R. Solomon, Customer Behaviour: Buying, Having and Being USA: Pretice Hall International, 2002

Mayer, R.C., Davis, J.H., dan Schoorman., An Integratif Model of Organization Trust, Journal Academy of Manajement Review. 1995

Neha Dixit., Saroj K. D., Acceptance of E-Banking Among Adult Custumers: an Empirical Investigation in India, Jornal of Internet Banking & Commerce, Vol 15 no 2, 2010.

Panggih P. Dwi Atmojo, internet untuk bisnis I, Yogyakarta: Dirkomnet Training, 2002

Rahmat. S., Abdullah., Customer Perspektive on E-Business Value; Case Study on Internet Banking, Journal of Internet Banking and Commerce. Vol 15, No 1. 2010.

Riegelsberger, J., Sasse., McCarty, J. D., 2003, Evaluating Trust in Computer-Mediated Communication, International Journal of Human-Computer Studies, The Researcer’s Dilemma, voll 58.

Sarwono, sarlito wirawan, Psikologo Sosial, (Jakarta:raja Grafindo Persada ,2003)

Wai chin Poon, Users’ Adoption of E-banking Service: The Malaysian Prespective, Journal of Business and Industrial Marketing, 2008.

Yousafzai, S. Y., Pallister, J. G., Foxall, G. R., 2003. A Proposed Model of Trust For Electronic Banking, Technovation, voll 23

Z Liao., WK Wong., The Determinants of Custumer Interactions With Internet-Enabled E-Bangking Service, Journal of The Operational Research Society (59, 1201-1210), 2007.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v4i1.490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.