INTEGRASI KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Sebuah Solusi Untuk Pembelajaran Efektif Di Pesantren
Abstract
References
Abdul Wahab Rosyidi, Media Permbelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2009.
Ahmad Mushtofa Haroen, Asmuki, Muh, Khamdan, Tohirin, M. Muntahibunn Nafis, Sudar, Khazanah Intelektual Pesantren, Jakarta: Maloho Jaya Abadi, 2009.
Ahmad Nurul Kawakib, Pesantrem and Globalisation, Malang: UIN Malang Press, 2009.
Ahmad Syarbaini, Sri Suyanta (editor), Sejarah dan Khazanah Pendidikan Islam, Banda Aceh; Bandar Publishing & Pasca Ar-Raniry, 2012.
Ainurrafiq Dawam & Ahmad Ta’arifin, Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Sapen: Listafariska Putra, 2004.
Alan Bryman, Social Research Methods (2nd ed.), (Oxford: Oxford University Press. 2004).
Amin Haedari, Abdullah hanif, Anis Masykur, Mukhtari Adib, Masa Depan Pesantren, Jakarta: IRD Press, 2004.
Armai Arief, Reformulasi Pendidikan Islam, Jakarta: CRSD Press, 2005.
Azyumardi Azra, Esei-Esei Intelektual Muslim & Pendidikan Islam, Ciputat: Logos Wacana Ilmu.
Charles Lipson, How to write a BA thesis: A practical guide from your first ideas to your finished paper, Chicago: the University of Chicago Press, 2005.
Corrine Glesne, Becoming Qualitative Researchers: An introduction (3rd ed.), Boston: Pearson Education. 2006.
David Silverman, Doing Qualitative Rsearch, Los Angeles: Sage Publications, 2005.
Departemen Agama RI, Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Agama RI, 2005, hal.89.
Don G. Mctavish dan Herman J. Loether, Social research: An evolving process. Boston: Allyn and Bacon, 2002.
Earl Babbie. The basic of social research (4 ed.). Belmont: Thomson Wadsworth. 2008.
Emzir, Metodolgi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. RajaGrafindo. 2008.
Fethi Mansouri dan Sall Percival, Identity, Education, and Belonging: Arab and Muslim Youth in Contemporary Australia. Melbourne: Melbourne University Press, 2008.
Forum Pesantren, Praksis Pembelajaran, Yogyakarta: ITD, 2007.
Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Prenada Media, 2004.
Hannie Boeije, Analysis in qualitative research, Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC: Sage Publication, Ltd, 2010.
Hasbi Amiruddin, Menatap Masa Depan Dayah di Aceh, Banda Aceh: Yayasan Pena, 2008.
Hasbi Amiruddin, Ulama Dayah Pengawal Agama Masyarakat Aceh, NAD: Yayasan Nadiya, cet.II, 2007.
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Rajawali Pers & LSIK, 1999.
Imam Tholkhah, Ahmad Barizi, Malik Fadjar, Membuka Jendela Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2004.
Imron Rosyidi, Pendidikan Berparadigma Inklusif, Malang: UIN Malang Press.
Ivor K. Davis, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rajawali, 1991.
Jajat Burhanuddin, Mencetak Muslim Modern, Jakarta: raja Grapindo Persada, 2006.
Kaelany HD, Gontor dan Kemandirian, Jakarta: Bina Utama Publishing, 2002.
Lyn Parker dan Raihani, Democratizing Indonesia through education. Community Participation in Islamic Schooling. Educational Management Administration & Leadership, 2011. No. 39. Hal, 712
Malik M. Thaha, Anik farida, Neneng Habibah, Marfu’ah, Modernisasi Pesantren, (Jakarta:
Marilyn Litchman. Qualitative research in Education: A user's guide. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington, DC: Sage. 2010.
Muhaimin, Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi, Jakarta: PT. RajaGrafindo. 2005.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2009.
Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam, Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2006.
Muhtarom, Reproduksi Ulama di Era Globalisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Mujamil Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, 2002.
Mukhlisuddin Ilyas, Pendidikan Dayah di Aceh mulai hilang identitas, Yogyakarta: Pale Indonesia Media, 2012.
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2004.
Nurkholis Madjid, Bilik-Bilik Pesantren, Jakarta: Paramadina, 1997.
Persatuan Dayah Inshafuddin, Apresiasi Dayah Sebagi lembaga Pendidikan Islam di Aceh, Banda Aceh: Panitia Muktamar VII, 2010.
Robert C. Bogdan & Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education: An introduction to theories and methods (5th ed.), Boston: Pearson Education, Inc. 2007.
Sandra Lee McKay. Researching Second Language Classrooms, Mahwah, New Jersey, London: Lawren Erlbaum Associate Publishers, 2008.
Sharan B. Merriam. Qualitative research: a guide to design and implementation. San Francisco Jossey-Bass. A Wiley Imprint. 2009.
Sindu Galba, Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi, Jakarta: Rineka Cipta & Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1995.
Sulthon Masyhud, Moh. Khusnurdilo, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2005.
Susan M. Drake dan Rabecca C. Burns. Meeting Standard through Integrated Curriculum. Alexanderia: Association for Curriculum Development and Supervision, 2004.
Suwendi. Sejarah & Pemikiran Pendidikan Islam. (Jakarta: PT RajaGrafindo. 2004).
Tayar Yusuf & Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 1994.
Teuku Zulfikar, Young Indonesian-Muslim in Australia: Identity, Family and the Ummah. Disertasi, Monash University, Australia, 2011.
Tri Qurnati, Budaya Belajar dan Keterampilan Berbahasa Arab di Dayah Aceh Besar, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2007.
Vanessa Martinez, Schooling, Community, and Identity: The Perspective of Muslim Girls Attending an Islamic School in Florida. Thesis, University of South Florida, 2012.
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i2.458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.