INTEGRASI KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Sebuah Solusi Untuk Pembelajaran Efektif Di Pesantren

Emawati Emawati

Abstract


Pesantren modern merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang memadukan isi kurikulum, antara kurikulum yang diterapkan di madrasah dengan kurikulum hasil modifikasi pesantren itu sendiri. Kurikulum terpadu tersebut dianggap lebih efektif di dalam pengembangan para santriwan/wati. Penelitian ini dilakukan untuk memahami proses penerapan kurikulum terpadu di sebuah pesantren moderen di Aceh Besar. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu pesantren moderen di Aceh Besar melakukan beberapa strategi di dalam pemaduan kurikulum:

References


Abdul Wahab Rosyidi, Media Permbelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2009.

Ahmad Mushtofa Haroen, Asmuki, Muh, Khamdan, Tohirin, M. Muntahibunn Nafis, Sudar, Khazanah Intelektual Pesantren, Jakarta: Maloho Jaya Abadi, 2009.

Ahmad Nurul Kawakib, Pesantrem and Globalisation, Malang: UIN Malang Press, 2009.

Ahmad Syarbaini, Sri Suyanta (editor), Sejarah dan Khazanah Pendidikan Islam, Banda Aceh; Bandar Publishing & Pasca Ar-Raniry, 2012.

Ainurrafiq Dawam & Ahmad Ta’arifin, Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Sapen: Listafariska Putra, 2004.

Alan Bryman, Social Research Methods (2nd ed.), (Oxford: Oxford University Press. 2004).

Amin Haedari, Abdullah hanif, Anis Masykur, Mukhtari Adib, Masa Depan Pesantren, Jakarta: IRD Press, 2004.

Armai Arief, Reformulasi Pendidikan Islam, Jakarta: CRSD Press, 2005.

Azyumardi Azra, Esei-Esei Intelektual Muslim & Pendidikan Islam, Ciputat: Logos Wacana Ilmu.

Charles Lipson, How to write a BA thesis: A practical guide from your first ideas to your finished paper, Chicago: the University of Chicago Press, 2005.

Corrine Glesne, Becoming Qualitative Researchers: An introduction (3rd ed.), Boston: Pearson Education. 2006.

David Silverman, Doing Qualitative Rsearch, Los Angeles: Sage Publications, 2005.

Departemen Agama RI, Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Agama RI, 2005, hal.89.

Don G. Mctavish dan Herman J. Loether, Social research: An evolving process. Boston: Allyn and Bacon, 2002.

Earl Babbie. The basic of social research (4 ed.). Belmont: Thomson Wadsworth. 2008.

Emzir, Metodolgi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. RajaGrafindo. 2008.

Fethi Mansouri dan Sall Percival, Identity, Education, and Belonging: Arab and Muslim Youth in Contemporary Australia. Melbourne: Melbourne University Press, 2008.

Forum Pesantren, Praksis Pembelajaran, Yogyakarta: ITD, 2007.

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Prenada Media, 2004.

Hannie Boeije, Analysis in qualitative research, Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC: Sage Publication, Ltd, 2010.

Hasbi Amiruddin, Menatap Masa Depan Dayah di Aceh, Banda Aceh: Yayasan Pena, 2008.

Hasbi Amiruddin, Ulama Dayah Pengawal Agama Masyarakat Aceh, NAD: Yayasan Nadiya, cet.II, 2007.

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Rajawali Pers & LSIK, 1999.

Imam Tholkhah, Ahmad Barizi, Malik Fadjar, Membuka Jendela Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2004.

Imron Rosyidi, Pendidikan Berparadigma Inklusif, Malang: UIN Malang Press.

Ivor K. Davis, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rajawali, 1991.

Jajat Burhanuddin, Mencetak Muslim Modern, Jakarta: raja Grapindo Persada, 2006.

Kaelany HD, Gontor dan Kemandirian, Jakarta: Bina Utama Publishing, 2002.

Lyn Parker dan Raihani, Democratizing Indonesia through education. Community Participation in Islamic Schooling. Educational Management Administration & Leadership, 2011. No. 39. Hal, 712

Malik M. Thaha, Anik farida, Neneng Habibah, Marfu’ah, Modernisasi Pesantren, (Jakarta:

Marilyn Litchman. Qualitative research in Education: A user's guide. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington, DC: Sage. 2010.

Muhaimin, Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi, Jakarta: PT. RajaGrafindo. 2005.

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2009.

Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam, Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2006.

Muhtarom, Reproduksi Ulama di Era Globalisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Mujamil Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, 2002.

Mukhlisuddin Ilyas, Pendidikan Dayah di Aceh mulai hilang identitas, Yogyakarta: Pale Indonesia Media, 2012.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2004.

Nurkholis Madjid, Bilik-Bilik Pesantren, Jakarta: Paramadina, 1997.

Persatuan Dayah Inshafuddin, Apresiasi Dayah Sebagi lembaga Pendidikan Islam di Aceh, Banda Aceh: Panitia Muktamar VII, 2010.

Robert C. Bogdan & Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education: An introduction to theories and methods (5th ed.), Boston: Pearson Education, Inc. 2007.

Sandra Lee McKay. Researching Second Language Classrooms, Mahwah, New Jersey, London: Lawren Erlbaum Associate Publishers, 2008.

Sharan B. Merriam. Qualitative research: a guide to design and implementation. San Francisco Jossey-Bass. A Wiley Imprint. 2009.

Sindu Galba, Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi, Jakarta: Rineka Cipta & Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1995.

Sulthon Masyhud, Moh. Khusnurdilo, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2005.

Susan M. Drake dan Rabecca C. Burns. Meeting Standard through Integrated Curriculum. Alexanderia: Association for Curriculum Development and Supervision, 2004.

Suwendi. Sejarah & Pemikiran Pendidikan Islam. (Jakarta: PT RajaGrafindo. 2004).

Tayar Yusuf & Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 1994.

Teuku Zulfikar, Young Indonesian-Muslim in Australia: Identity, Family and the Ummah. Disertasi, Monash University, Australia, 2011.

Tri Qurnati, Budaya Belajar dan Keterampilan Berbahasa Arab di Dayah Aceh Besar, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2007.

Vanessa Martinez, Schooling, Community, and Identity: The Perspective of Muslim Girls Attending an Islamic School in Florida. Thesis, University of South Florida, 2012.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i2.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.