KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN RESPON SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA MUHAMMADIYAH BANDA ACEH

Nazariah Nazar

Abstract


Kegiatan pembelajaran matematika tentu tidak akan terlepas dari masalah matematika. Masalah matematika baru dikatakan masalah bila dalam penyelesaiannya siswa tidak langsung mengetahui jawabannya, tapi membutuhkan waktu untuk berpikir langkah apa yang harus ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam mengajarkan bagaimana memecahkan masalah, beberapa guru atau pendidik matematika mempunyai cara yang berbeda-beda. Berbedanya cara mengajar guru ini merupakan salah satu penyebab siswa kurang tampil dalam menyelesaikan masalah, hal tersebut disebabkan karena ada diantara guru dalam pembelajarannya kadang kala memberikan contoh-contoh bagaimana memecahkan suatu masalah matematika, tanpa memberikan kesempatan banyak pada siswa untuk berusaha menemukan sendiri penyelesaiannya. Hasil wawancara bersama guru yang mengajar mengatakan bahwasanya sampai saat ini pembelajaran yang dilaksanakan masih banyak didominasi oleh guru. Selanjutnya hasil wawancara yang dilakukan dengan beberapa siswa menyatakan bahwa mereka sulit untuk memahami materi pelajaran yang berhubungan dengan kemampuan komunikasi matematika. Maka  hal  tersebut  diduga  menyebabkan pencapaian prestasi belajar siswa (peserta didik) rendah. Untuk  mengantisipasi  masalah  ini,  guru  perlu  menerapkan  model pembelajaran  yang  dapat  membantu  siswa  dalam  belajarnya,  menumbuhkan komunikasi matematika  dan  minat  siswa  dalam  belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa memecahkan masalah  adalah  model  pembelajaran  berdasarkan  masalah  (Problem  Base  Learning). Model ini bercirikan penggunaan masalah kehidupan nyata sebagai sesuatu yang harus dipelajari siswa untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan menyelesaikan masalah, serta mendapat pengetahuan konsep-konsep penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil komunikasi matematika dan respon siswa terhadap model PBL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model PBL yang sudah di terapkan di kelas XI sangat membantu dalam menyelesaikan masalah matematika karena siswa `diorientasikan pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membantu penyelidikan siswa, mengembangkan hasil karya, dan menganalisis proses pemecahan masalah. Dari hasil respon siswa mengatakan  bahwa mereka senang dengan pembelajaran seperti ini karena dapat mengkomunikasikan ide dalam bentuk simbol matematika, dapat bertukar pikiran dalam kelompoknya dan mereka dapat menyelesaiakn masalah matematika tanpa harus guru yang selesaikan semua, tapi guru sebagai fasilitator.


References


Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. SiXIth Edition. New York: McGraw-Hill

Barrows. 1996. Problem Based Learning Medicine Beyond. New Direction for Teaching and Learning . Jossey -Bass Publis!

Barrows. U.S. & Myers.A.C. 1993. Problem Based Learning in Seconda Schoosl. Unpublished Monograph. Springtield. II : Problem Based Learning Institute. Lanphier High School and Southern Illionis University Medical School.

Gallagher, Shelagh A & Stepien. William J. 1995. Implementing Problem Based Learning in Science Classroom. School Science and Mathemathic.

Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, Mohamad et al. 2001. Teori Belajar. Surabaya: University Press.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning : Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wardani, I. G. A. K Siti Julaeha. Modul IDIK 4307. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media: Jakarta.

Yasa, I Putu. 2001. Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Kooperatif Sistem Modul Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Perkuliahan Fisika, Matematika Pada Semester Pendek Jurusan Pendidikan IKIP Negeri Singaraja. Laporan Penelitian. Singaraja: Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas MIPA IKIP N Singaraja.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v3i1.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.