Kualitas Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Kartu Di MTs Muhammadiyah Banda Aceh

Nuralam Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hasil belajar, tingkat ketuntasan belajar dan respon siswa dalam belajar materi persamaan linear satu variabel melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kartu di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian pra eksperimen. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik total sampling dari kelas VII sebanyak 32 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa.  Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji t dan teknik prosentase. Hasil penelitian berdasarkan tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dan siswa tuntas dalam belajar serta respon siswa belajar dalam kategori sangat positif.

References


Agoes Soejanto. Bimbingan ke arah Belajar Yang Sukses. Jakarta: Rineka Cipta. 1995.

As’ari. A.R, Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Dalam Pemahaman Materi Matematika, Malang: Jurnal Matematika, 1998.

Herman Hudojo, Belajar Mengajar Matematika, Jakarta: Depdikbud LPTK, 1988.

Muhammad Masruchin, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel dengan Pembelajaran Berbantuan Alat Peraga Kartu Variabel dan Kartu Bilangan di SMP Negeri 2 Grabag, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2005.

Made Wena, Mendesain Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Natawidjaja, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta,1998.

Netti Lastiningsih dkk, Matematika SMP dan MTs Kelas VII, Jakarta: Erlangga, 2007.

Slavin dikutip dari Muhammad Nur, Pendekatan-pendekatan Konstruktivis Dalam Pembelajaran, Surabaya : IKIP Surabaya, 1998.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2006.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana, 2009.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v2i1.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.