PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK MELALUI POLA ASUH ISLAMI

Fatimah Ibda

Abstract


Orang tua merupakan pusat kehidupan rohani anak dan sebagai penyebab berkenalannya dengan alam luar, maka setiap reaksi emosi anak dan pemikirannya di kemudian hari, terpengaruh oleh sikap anak terhadap orang tuanya di permulaan hidupnya. Pada masa ini kebutuhan anak tidak hanya terbatas pada kebutuhan yang bersifat fisik, melainkan sudah meningkat pada kebutuhan bantuan yang bersifat emosi, di mana orang tua terutama ibu, menjadi objek tumpuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan kepribadian anak melalui pola asuh islami. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam hal ini ialah melakukan identifikasi wacana, dari buku, artikel, atau informasi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis (analisis isi). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga termasuk pola asuh orang tua, merupakan faktor penting dalam pembentukan kepribadian dan pembinaan sikap serta kecenderungan terhadap pandangan hidup. Pola asuh  anak sangat mempengaruhi pertumbuhannya dan perkembangan anak, di mana anak akan belajar sesuai dengan lingkungannya. Jika lingkungan tersebut membantu dalam pemenuhan kebutuhan biologis dan kejiwaan anak hal itu sangat mempengaruhi perilaku secara menonjol. Demikian juga halnya jika anak dibesarkan di lingkungan yang penuh dengan kecemasan, frustasi serta konflik, maka kepribadian anak akan mengalami kegoncangan dan berbagai tekanan yang sering muncul, walaupun telah mencapai usia dewasa. Islam telah memberikan tuntunan bagaimana anak diasuh, dididik dan dibesarkan sesuai dengan fitrahnya.

Keywords


Pengembangan, Kepribadian, Pola Asuh, Islami

Full Text:

PDF

References


Al-Bukhari, M. I. I. (tt). Shahih al-Bukhari. Semarang: Thoha Putra

Al-Gazali, A. H. M. (tt). Maqasid al-Falasifah, ed. Sulaiman Dunya. Mesir: Dar al-Ma’arif.

Basil, V. S. (tt). Manhaj al-Bahs ‘an al-Ma’rifah ‘inda al-Gazaliy, Beirut: Dar al- Kitab al-Lubnaniy

Chaplin, J. P. (1985). Dictionary of Psychology, New York: The Batam Doubleday Dell Publishing, Inc.

Danandjaya, J. (1994). Antropolgi Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hadi, P. H. (2002). Jati Diri Manusia, cet 7. Yogyakarta: Kanisius

Jalaluddin. (2002). Teologi Pendidikan, cet 2. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kamil, M. (1996). ‘Uwaidah, “’Ilm al-nafs al-syakshiyah, Beirūt: Dār al Kutūb al-‘Ilmiyah

Makmun, A. S. (2004). Psikologi Kependidikan, Cet VII. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mujib, A. (2002). Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, cet II. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nasution, H. (1995). Filsafat dan Mistisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang

Padjrin. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektualita, 5(1),1-14

Yusliani, H. (2021). Urgensitas Pendidikan Prenatal dalam Perspektif Islam. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(1), 18-40

Yusuf, S. (2005). Psikologi Belajar Agama. Bandung: Pustaka Bani Quraisy




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.2177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.