PENGGUNAAN TEKNIK ROLE-PLAYING UNTUK MENANGANI ACADEMIC BOURNOT SISWA

Fakhri Fakhri, M. Rizki Al Khair, Muliawati Muliawati, Usfur Ridha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok ketika digunakan untuk menangani siswa-siswa dengan kondisi academic burnout. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen: Group Pre-test Post-test Design, di mana sampel penelitian diperoleh dengan teknik insidental sampling. Analisis data menggunakan uji normalitas pada program SPSS versi 23 Shapiro Wilk dengan taraf signifikan 5%. Pada paired sample test uji-T bertujuan untuk membandingkan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil paired sample test uji-t bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sesudah dan sebelum diberikan teknik role playing. Berdasarkan skor tafsiran efektivitas N-Gain termasuk kategori efektif yaitu 99,7 % dengan persentase kategori efektivitas kisaran > 76.  Berdasarkan hasil analisis pembahasan dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi academic burnout siswa.

Keywords


Academic Bournot Siswa, Teknik Role Playing, Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Afvianti, S. (2020). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Manggeng. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, (2):2, 47-53.

Ambarwati, NA. (2019). Kejenuhan Belajar dan Cara Mengatasinya, Prosiding Interdisciplinary Postgraduate Student Conference 2 UMY

Arista, N. B., & Wirastania, A. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing terhadap Burnout Study Siswa. Jurnal Fokus Konseling, (8):2, 26-32.

Elliott, S. N., Kratochwill, T.R., Cook, J.L., & Travers, J.F. (2000). Educational Psychology: Effective Teaching Effective Learning (3rd ed.). Singapore: McGraw-Hill Book Co.

Furqon (2009). Statistik Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Joni, T. R. (2001). Restrukturisasi Sistem Karier dan Insentif Guru. Dalam Fasli Jalal & Dedi Supriadi, 2001. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah (349-357). Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Marlita, Basyir, Dahliana, & Abdul. (2016). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa Di SMP Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, (4):1, 14-19.

Muwakhidah. (2016). Teori dan Teknik Konseling. Surabaya: Adibuana University Press.

Nashrallah dan Prasetiawan (2020). Mengurangi Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa dengan Teknik Senam Otak (Brain Gym), Jurnal Pendidikan dan Konseling, (4): 4, 22-28.

Sarwono, J. & Salim, H N. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-Undang RI 2005 No. 14, Guru dan Dosen.

Vitasari, I. (2020). Kejenuhan Belajar Ditinjau dari Kesepian dan Kontrol Diri Siswa Kelas XI SMAN 9 Yogyakarta, E-Journal Bimbingan dan Konseling, (7): 2, 45-49




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i2,%20Oktober.2165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.