IMPLEMENTASI ALAT PERAGA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI SDIT SALAFIYAH SYAFI’IYAH KABUPATEN SORONG

Tri Fatmawati, Anis Alfian Fitriani, Lina Kumalasari

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak lepas dari kehidupakan manusia. Tanpa adanya pendidikan yang baik, maka perkembangan bangsa kedepannya tidak akan terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDIT Salafiyah Syafi’iyah Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan sampel 18 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest dan postest yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga perkembangbiakan tumbuhan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas VI SDIT Salafiyah Syafi’iyah Kabupaten Sorong.


Keywords


Hasil Belajar, Alat Peraga

Full Text:

PDF

References


Arifuddin, A., Muafur, S., & Farida. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle Menggunakan Metode Demostrasi terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10-17

Asmoro, P. B. & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas VA Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 115-142

Clara, G. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 040557JUHAR T.P 2018/2019. Skripsi: Universitas Quality

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,17(1), 66-79.

Hekmah. (2022). Implementasi Alat Peraga IPA “Roket Air” Berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan Memanfaatkan Barang Bekas pada Materi Tekanan Hidrostatis Siswa SMP. EduCurio Jurnal, 1(1), 131-138

Kamil, P. M. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia dengan Menggunakan Media Power Point dan Media Torso. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 64-68

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT (Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah), 03(01), 171-187

Rosma, F. (2023). Pembelajaran Modul Diagram Roundhouse terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 10(1), 89-96

Sukma, I. K. & Trisni, H. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020-1028

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, M. (2021). Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darud Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, 1-8




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v11i1,%20April.1829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.