PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR

Mahlianurrahman Mahlianurrahman, Rapita Aprilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran video untuk meningkatkan profil pelajar pancasila dimensi berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Paya Dapur yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan data penelitian dianalisis menggunkan statistik deskriptif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir kreatif siswa pada pra siklus sebesar 55,68%. Pada siklus I presentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 73,18% dan presentase hasil kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus II sebesar 93,40%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan profil pelajar pancasila siswa dimensi berpikir kreatif setelah penerapan media pembelajaran video.

Keywords


Media Video, Profil Pelajar Pancasila, Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Adhalia, D., & Susianna, N. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif, dan Penalaran pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Visual [Problem Solving, Creative Thinking, And Reasoning Skills In Learning Mathematics Using Visual Learning Media]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 101-120.

Agussalim, A. (2018). Mengelola Stres Belajar Siswa dengan Mengefektivitas Penggunaan Video Relaksasi Bagi Siswa Kelas VII A di SMP Negeri 4 Ajangale. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(1), 42-49.

Aliyyah, R, R., Amini. A., Subasman. I., Herawati, E, S, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Pembelajaran Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.

Aryanata, I. W. Y., Jampel, I. N., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Media Video Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Bola Voli pada Pelajaran Penjaskes. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 186-192.

Barokah, A., Irawan, K., & Sembiring, D. N. B. (2021). Implementasi Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD di Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(02), 8-15.

Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322-2329.

Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Addie pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas Vii SMP Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12-18.

Elendiana, M., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 228-237.

Haerunisa, H., Prasetyaningsih, P., & Leksono, S. M. (2021). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Tema Air dan Pelestarian Lingkungan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 299-308.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.

Harefa, D., & La'ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327-338.

Intaha, A. M., Saputra, Y. M., & Mulyana, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Poster dan Video Terhadap Penguasaan Keterampilan Pencak. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 145-153.

Kis, K., Kirana, C., Romadiana, P., Wijaya, B., & Raya, A. M. (2021). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-7.

Lestari, E. S., Masrukhi, M., & Sunarto, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PKN Berbasis Video pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 8-15.

Linggarsari, E. (2021). Meta Analisis Pembelajaran Berbasis Media Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1), 122-128.

Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 265-271.

Mahlianurrahman, M. (2018). Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bumi dan Alam Semesta Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 37-45.

Mahlianurrahman, M., & Aprilia, R. (2022). Pengembangan Media Video untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(01), 8-17.

Mahlianurrahman, M., & Syamsu, F. D. (2019). Developing Tutorial Video for Enhancing Elementary School Students’ Process Skills in Science. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 1-12.

Manurung, A., Halim, A., & Rosyid, A. (2021). Gerakan Literasi Matematika Bagi Siswa untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif di SDN Kenari 07 Pagi. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 179-185.

Marhaeni, A. A. I. N., & Lasmawan, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94-104.

Maryanto, N. R., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 109-118.

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1), 75-86.

Muslichah, M., Mahardhani, A. J., Azzahra, A. F. N., Safitri, D. E. C., Hardiansyah, H., Amala, I. A., & Nabila, S. N. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang. Jurnal Kiprah, 9(2), 90-99.

Ningtyas, R. K. (2021). Konsepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Profil Pelajar Pancasila. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48-64.

Partayasa, W., Suharta, I. G. P., Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168-179.

Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505-512.

Prasetyo, T., Zulela, M. S., & Fahrurrozi, F. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3617-3628.

Prastyo, D., & Novitasari, Y. (2020). Pengembangan Media Video Tari Untuk Menstimulasi Perkembangan Seni dan Fisik Motorik di Taman Kanak-Kanak. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 82-92.

Pratiwi, N., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3697-3703.

Prehanto, A., Aprily, N. M., Merliana, A., & Nurhazah, M. (2021). Video Pembelajaran Interaktif-Animatif sebagai Media Pembelajaran IPS SD Kelas Tinggi di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 32-38.

Puspitasari, Y. D., & Nugroho, P. A. (2019). Artikel: Pengembangan Modul Praktikum Pencemaran Lingkungan Berbasis Inkuiri Terbimbing Berkolaborasikan Video Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Mahasiswa. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 3(2), 42-61.

Rahayu, A., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Video Pembelajaran Sistem Daring pada Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Selabintana Kota Sukabumi. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 608-614.

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271-6279.

Ridha, M., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154-162.

Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). The Effectiveness of Video as a Tutorial Learning Media in Muhadhoroh Subject. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02), 73-80.

Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani, N. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2), 269-280.

Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435-3440.

Saputro, Y. B., Yumiati, Y., & Noviyanti, M. (2021). Perbandingan Efektivitas Model-Model Pembelajaran Dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa [A Comparison of The Effectiveness of Learning Models on Students'creative Thinking Abilities]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(2), 139-152.

Shobikhah, A., Siswono, T. Y. E., & Prastiti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berbakat dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(2), 83-90.

Sulistiani, S., Suminto, S., & Suningsih, A. (2021). Pembelajaran Daring dengan Intervensi Video Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal e-DuMath, 7(1), 27-34.

Suryati, S. (2021). Pengembangan Kualitas Sumber Daya Guru dan Karyawan Melalui Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Revitalisasi Profil Pelajar Pancasila. Journal on Education, 4(1), 182-196.

Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020, December). Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 77-92).

Tamu, S. D,. E. Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura J. Math. Edu, (1) 1, 21-31.

Wibiyanto, F. S., & Muhibbin, A. (2021). Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i2,%20Oktober.1635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.