PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP HUBUNGAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN

Nursafiah Nursafiah, Ruslaini Ruslaini, Makmur Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa pada konsep hubungan intraksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII SMP Negeri 3 Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada konsep hubungan intraksi makhluk hidup dengan lingkungan materi pencemaran lingkungan kelasVII SMP Negeri 3 Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan sampel berjumlah  64 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu,kelasVII B sebagai kelas eksperimen  dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Pengumpulan data dilakukan melalui pretes dan postes dengan teknik analisis data melalui statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan anacova dengan melalui software SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara nilai rata-rata pretest (44,28) dan postest (81,53) pada kelas ekperimen. Nilai rata-rata pretest (40,26) dan postest (76,53) pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh diterapkannya pendekatan jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa pada konsep hubungan intraksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII SMP Negeri 3 Bambel Kabupaten Aceh Tenggara.

Keywords


Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Andres1, J,& ,Ema J (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTS- AL-Farabi Wasilei Selatan Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 1128-1133.

Hamzah, F (2017). Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS ) pada Materi Ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar dan Partisipasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tadu Raya. Unpublished Skripsi. UIN Ar Raniry Banda Aceh.

Made, W, (2019).Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara

Mansur, S (2018.) Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. Jurnal Bioeduscience, 2(1), 74-80

Martono. (2017). Pendekatan Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Tumbuhan Bagian Akar pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SDN 21 Kepahiang Kabupaten Kepahiang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 95-98.

Nursafiah, et al. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kutacane. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(2),521-530.

Purwati. (2017). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Keanekaragaman Hayati Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Maluku. Unpublished Skripsi. IAIN Palangka Raya.

Samitra, et al. (2016) Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Jurnal Bioedukatika, 4 (2), 8- 13

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Trianto. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang RI 2003 No. 20. Guru dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.