PERAN IBU DALAM PENDIDIKAN ANAK (KAJIAN ANALISI TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN ISLAM)

Abdul Hadi, Cut Mardhiana

Abstract


Sosok ibu yang menjadi prioritas utama dalam mendidik anak di dalam keluarga, karena anak yang diharapkan di dalam keluarga yaitu anak yang shaleh dan shalehah. Seorang ibu akan berusaha memberikan pengaruh keimanan dan ketakwaan yang kuat jiwa anak-anaknya, sehingga anak-anaknya tumbuh menjadi muslim yang taat dan terhindar dari api neraka. Permasalahannya adalah ibu harus mampu mendidik anak-anaknya agar menjadi anak-anak yang shaleh dan shalehah, walaupun seorang ibu itu sibuk dengan karirnya di luar rumah, akan tetapi pendidikan anak-anak tetap dipertanggung jawabkannya dengan baik. Tidak hanya memberikan tanggung jawab pendidikan anak ke pihak sekolah atau pengasuh anak-anak saja. Akan tetapi memberikan pemahaman ilmu agama yang baik oleh seorang ibu untuk anak-anaknya ketika ibu berada di rumah bersama anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan ibu dalam mendidik anak dalam Islam, untuk mengetahui tanggung jawab ibu terhadap anak menurut konsep pendidikan Islam. Metode penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan (Library Research) dengan cara mengumpulkan data dan menelaah buku-buku dan tulisan lainnya yang relevan dengan pembahasan. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (deskriptif analisis) yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan masalah yang ada masa sekarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan ibu dalam mendidik anak dalam Islam adalah pendidikan yang akan membentuk kepribadian anak yang mana anak perlu asupan dari pembina berupa pendidikan-pendidikan yang Islami seperti pendidikan aqidah, pendidikan akhlak, pendidikan intelektual, pendidikan jasmani dan pendidikan ekonomi. Tanggung jawab ibu terhadap anak menurut konsep pendidikan Islam adalah tidak hanya terbatas pada hal-hal yang sifatnya material saja melainkan juga hal-hal yang sifatnya spiritual seperti halnya pendidikan dan agama, untuk itu orang tua terutama seorang ibu harus memberi teladan yang baik bagi anak-anaknya.

Keywords


Kedudukan Ibu, Pendidikan, Keluarga

Full Text:

PDF

References


Al-Hasyimi, M. (1997). Kepribadian Wanita Muslimah Menurut Al-Quran dan As-Sunnah. Jakarta: Akademika Pressindo.

Al-Hasyimi, M. (2004). Muslimah Ideal. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Aisyah, S. dkk. (2011). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arifin, M. (1995). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Z. (1996). Garis-garis Besar Pendidikan Keluarga. Jakarta: Bina Aksara.

Hasan, M. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Pres.

Kauma, F. & Nipan. (1997). Membimbing Istri Mendampingi Suami. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Marimba, A. D. (1992). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Maarif.

Munardji. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Ilmu.

Musthofa, Y. (2007). EQ untuk Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sketsa.

Soekanto, S. (1988). Sosiologi Hukum. Jakarta: Rajawali Press.

Sujiono, B. ( 2009). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yurita, L. (2009). Mukjizat Doa Ibu!. Jogjakarta: Diva Press.

Zan, P. H. & Namora, L. (2010). Pengantar Psikologi Kebidanan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i2,%20Oktober.1382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.