PENGARUH KULIAH DARING SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA DI INDONESIA
Abstract
Saat ini, dunia sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19 tidak terkecuali negara Indonesia. Pandemi Covid-19 membuat hampir seluruh kegiatan dihentikan sementara waktu termasuk dunia pendidikan yang terpaksa melaksanakan pembelajaran secara online atau daring khususnya di perguruan tinggi. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Kuliah daring memiliki berbagai dampak pada kemampuan mahasiawa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak kuliah daring terhadap kemampuan mahasiswa di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode studi literatur, yaitu kegiatan mencari referensi yang berhubungan dengan metode membaca, mencatat, mengumpulkan data serta mengolah bahan penelitian yang bersumber dari jurnal, buku, artikel, serta internet. Hasil penelitian diperoleh bahwa kuliah daring memiliki dampak terhadap kemampuan mahasiswa baik menurun ataupun meningkat yang kembali pada bagaimana pola belajar yang diterapkan pada masing-masing pribadi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W., & Erlyani, N. (2020). Menulis di Kala Badai Covid-19.
Abbas, E. W. (2015). Unlam Menggapai Harapan. Wahana Jaya Abadi.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syari. 7(5), 395-402.
Amini, M., Mayangsari, M. D., & Zwagery, R.V. (2020). Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Komitmen Tugas pada Mahasiswa Program Studi Psikologi. Jurnal Kognisia: Jurnal Mahasiswa Psikologi, 2(2), 149- 152.
Anggeline, E. M., & Novita, N. (2020). Implikasi Mekanisme Corporate Governance terhadap Pengungkapan Intellectual Capital. Jurnal Akuntansi Trisakti, 7(1), 55-74.
Aridarmaputri, G. S., Akbar, S. N., & Yuniarrahmah, E. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial terhadap Kebutuhan Afiliasi Remaja di Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Ecopsy, 3(1).
Febriana, S. K. T. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Kerja. Jurnal Ecopsy, 1(1).
Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Masa Pandemik Covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37-46.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113-123.
Nurhayati, N., Akbar, S. N., & Mayangsari, M. D. (2016). Hubungan Perfeksionisme dengan Kesejahteraan Psikologis pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ecopsy, 1(4).
Rachmah, D. N., Mayangsari, M. D., & Akbar, S. N. (2015). Motivasi Belajar sebagai Mediator Hubungan Kecerdasan Adversitas dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2).
Setiati, S., Azwar, M. K. (2020). Covid-19 and Indonesia. Acta Medica Indonesiana, 52(1), 84-89.
Zulva, T. N. I. (2020). Covid-19 dan Kecenderungan Psikosomatis. J. Chem. Inf. Model, 1-4.
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i1,%20April.1358
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.