IMPLIKASI KEMAMPUAN BACA AL-QURAN MAHASISWA TERHADAP MINAT BELAJAR AGAMA DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY

Hanafiah Hanafiah

Abstract


Kemampuan membaca al-Quran merupakan salah syarat di terima di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, tujuannya untuk menghasilkan lulusan yang mampu dan benar dalam membaca al-Quran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sementara data diperoleh melalui angket, wawancara, observasi, serta telaah dokumen. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Matematika (PMA), Pendidikan Fisika (PFS), Pendidikan Biologi (PBL), dan Pendidikan Kimia (PKM) dengan sampel 182 orang mahasiswa. Berdasarkan analisis kemampuan membaca al-Quran mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry semester tiga dan lima tahun ajaran 2015/2016 berada pada katagori baik dengan skor 78,29 yaitu sekitar 86,81%. Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca al-Quran yaitu kurangnya pemahaman terhadap ilmu tajwid, makharij al huruf, motivasi secara internal dan eksternal dan ini berdampak terhadap pengetahuan agama. Sementara mahasiswa yang tingkat kemampuan membaca al-Quran baik akan memudahkan memahami materi kuliah keagamaan, serta memiliki minat mempelajari ilmu agama. Mahasiswa yang memiliki kemampuan membaca al-Quran yang cukup cenderung menghindar dan terlambat menyelesaikan studi.


Keywords


Kemampuan Baca Al-Quran, Mahasiswa, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. (2007). Peningkatan Kemampun Membaca al-Quran Ibu-ibu di Dusun Jetak Mungkid Magelang. Jurnal Pendidikan. Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Kalijaga

Abdurrahman, M.(2003). Pendidikan Bagi Anak berkesulita Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Qattan, M. K. (2001). Studi Ilmu-ilmu al-Quran. terj.Mudzakir AS. Bogor: Pustaka Lintera Antar Nusa.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baqir, B. (2003) al-Qarashi. Seni Mendidik Islami: Kiat-kiat Menciptakan Generasi Unggul. Jakarta: Pustaka.

Budiyanto, et. al. (2003). Ringkasan Pembinaan Pengelolaan. Pembinaan dan Pengembangan Gerakan Membaca, Menulis, Memahami, Mengamalkan, dan Memasyarakatkan Al-Quran (Gerakan M5A). Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Quran LPTQ Nasional.

Hadi, S. (2001). Metodologi Research I, cet 32, Yogyakarta: Andi.

Karton, K. (1986). Pengantar Metodologi Riset. Bandung: Alumni

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sudijono & Anas. (2009) Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sjafii, M. (2001) Pelajaran Tajwid. Bandung: Putra Jaya.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surasman, O. (2002). Metode Insani Kunci Membaca Al-Quran Baik dan Benar, Jakarta: Gema Insani.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i2,%20Oktober.1200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.