KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BOOKLET PADA MATERI PTERIDOPHYTA KELAS X SMA

Nafisah Hanim, Nurdin Amin, Eva Nauli Taib

Abstract


Penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis booklet pada materi Pteridophyta kelas X SMA yang telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen Program Studi Pendidikan Biologi yang terdiri atas 2 orang dosen ahli materi dan 2 orang dosen ahli media. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi materi dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran booklet yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan pendidik dari hasil observasi dan wawancara, hasil validasi booklet dari aspek media sebesar 83,4% dan aspek materi sebesar 88,3% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis booklet yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Keywords


Media Pembelajaran, Booklet, Pteridophyta

Full Text:

PDF

References


Aiyubi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Indra dengan Integrasi Nilai Alquran di SMA. Skripsi. Unpublished Thesis. Banda Aceh: FTK UIN Ar-Raniry.

Afifah, N. W. (2015). Pembuatan Film Dokumenter pada Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati di SMA dari Hasil Pemanfaatan Tumbuhan sebagai Obat oleh Masyarakat Desa Bange Kabupaten Bengkayang. Unpublished Thesis. Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpra.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., dan Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 63-71.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gemilang, R., & Christiana, E. (2016). Pengembangan Booklet sebagai Media Layanan Informasi untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 6(3), 1-9.

Gustianing, G. (2014). Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana pada Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMK Negeri 1 Jenar. Unpublished Thesis. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Imtihana, M., Martin, P., & Priyono, B. (2014). Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian sebagai Sumber Belajar Materi Percemaran Lingkungan di SMA. Journal of Biology Education, 3(2), 63-68.

Kustandi, C. dan Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mutia, I. dkk. (2014). Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Unes, 3(2), 186-198.

Okakinanti, E. A. (2014). Kajian Etnobotani Tumbuhan Obat di Kecamatan Menyuke Kabupaten Landak dan Implementasinya dalam Pembuatan Buklet pada Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati. Unpublished Thesis. Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Panjaitan, R. G. P., Savitri, E., & Titin. (2016). Pengembangan Media E-Comic Bilingual Sub Materi Saluran dan Kelenjar Pencernaan. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1379-1387.

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat sebagai Media Pembelajaran pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2), 83-88.

Pralisaputri, K., Heribertus, S., & Chatarina, M. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA. JurnalGeoEco, 2(2), 147-154.

Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 63-73.

Riyanto, N. (2015). Pemanfaatan Media Light Flash Card untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik SMP Negeri 2 Bojongsari. Edu-Sains, 3(2), 1-9.

Sariani, M., Muryani, C., & Rindarjono, M. G. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Peduli lingkungan untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS SMA Bina Utama Pontianak. Jurnal GeoEco, 3(1), 40-46.

Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan Aspek Materi dan Media dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 162-172.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i2,%20Oktober.1112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.